Politik

Soal Pemimpin Berambut Putih, Demokrat: Jangan-jangan Pak Jokowi Tidak Paham Isi Pidatonya

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani/Net

RIAULINK.COM - Jokowi menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang menurutnya betul-betul memikirkan rakyat bisa dilihat dari fisiknya. Antara lain, raut mukanya berkerut serta rambutnya putih.

Namun, yang disampaikan Jokowi itu malah menuai kritik. Salah satunya disampaikan Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Dia menuturkan, dari sisi akademik pernyataan Jokowi sama sekali tidak mencerdaskan.

"Apa yang dilakukan Pak Jokowi sejatinya adalah praktek mempertontonkan kebodohan dan pembodohan," ujar Kamhar dala keterangan tertulisnya, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, tak ada satu pun literatur pada berbagai studi kepemimpinan yang menemukan ciri kepemimpinan yang disebutkan Jokowi adalah yang terbaik untuk rakyat.

"Bahwa keriput dan rambut putih adalah ciri pemimpin yang tahu penderitaan rakyat dan pro rakyat. Keriput dan rambut putih lebih tepat sebagai tanda-tanda penuaan," tuturnya.

Maka dari itu, Kamhar berpendapat pernyataan Jokowi hanya membuat dirinya tak dianggap sebagai pemimpin yang cerdas di mata rakyat.

"Kita berbaik sangka, jangan-jangan Pak Jokowi tidak memahami dengan cermat isi pidatonya, hanya membaca dan membeo pada apa yang disajikan orang disekelilingnya," ucapnya.

"Sebagaimana dulu, pernah terjadi di awal pemerintahannya menandatangani Perpres yang tak dicermatinya lalu kemudian menyalahkan bawahannya," tandas Kamhar.