Kesehatan

Cegah Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Ini Penjelasan Diskes Riau..

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Menyikapi maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak di beberapa wilayah di Indonesia. Dinas Kesehatan Riau langsung mengambil langkah-langkah pencegahan dan pengendalian.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan, sebagai langkah pencegahan penyebaran penyakit gagal ginjal akut, pihaknya menghimbau Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit, organisasi profesi kesehatan untuk melakukan penyelidikan epidemiologi dan pelaporan kasus gangguan ginjal akut pada anak.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan IDAI Provinsi Riau dalam upaya penemuan dan tatalaksana kasus. Kemudian juga melakukan promosi kesehatan dan penguatan surveilans gangguan ginjal akut pada anak," kata Zainal, Jumat (21/10/2022). 

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya juga meminta keluarga pasien diminta membawa atau menginformasikan obat yang dikonsumsi sebelumnya, dan menyampaikan riwayat penggunaan obat kepada tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang selanjutnya diikuti dengan kunjungan rumah melalui tenaga surveilans epidemiologi.

"Pentingnya kewaspadaan orang tua yang memiliki anak dengan gejala penurunan jumlah dan frekuensi buang air kecil secara mendadak dengan atau tanpa demam, diare, batuk pilek, mual dan muntah untuk segera dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat," ujarnya.

Namun demikian, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kasus gagal ginjal akut pada anak di Riau. Tapi pihaknya mengajak pencegahan harus tetap dilakukan.

"Dengan dukungan semua pihak, Provinsi Riau siap menghadapi peningkatan kasus gagal ginjal akut pada anak," sebutnya.

Sementara itu, saat ditanyakan untuk pengawasan penjualan obat sirup di apotik dan fasilitas kesehatan lainnya, dikatakan Zainal hal tersebut berada dibawah kewenangan BPOM. "Dibawah pengawasan BPOM," singkatnya.