Kesehatan

Peduli, Rutan Kelas IIB Rengat Gelar Posyandu Lansia, Aziz: Ini Merupakan Bentuk Penghargaan Kita Terhadap yang Lebih Tua

INHU, RIAULINK.COM - Guna memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga lanjut usia (lansia) yang menjalani masa hukuman, serta bentuk perhatian yang lebih, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, gelar pos pelayanan terpadu (Posyandu).

Bertempat di Aula dr Sahardjo Rutan Rengat, Posyandu lansia tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Rutan Rengat, Abdul Aziz dengan didampingi Kepala KPR, Wan Rezwanda, serta tenaga dokter Rutan Rengat, Rabu (14/9/2022).

"Posyandu lansia ini, merupakan bentuk fasilitas pelayanan kesehatan yang kita berikan khusus kepada warga binaan yang telah lanjut usia," ujar Abdul Aziz menjawab RiauLink.com.

Hal itu lanjut Aziz, bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan mereka (para lansia-red) dalam menghadapi dan menjalani masa hukuman di RutanRengat.

Dikatakan Aziz, dengan adanya program Posyandu Lansia ini, diharapkan para WBP penghuni Rutan Rengat hendaknya dapat menjalankan keseharian mereka dalam keadaan sehat, hingga kembali ke lingkungan keluarga.

"Saat ini Rutan Rengat telah memiliki dua orang tenaga medis yang berprofesi sebagai dokter, dan siap memberikan pelayanan kesehatan kepada setiap warga binaan, dan khususnya bagi WBP yang telah lanjut usia," beber Aziz.

Program Posyandu Lansia ini, merupakan arahan dari Kanwil Kemenkum HAM Riau, dalam mencegah gangguan kesehatan, serta melakukan pengecekan berkala terhadap kondisi kesehatan mereka.

"Selain pengecekan atau pemeriksaan kesehatan, pemberian makanan tambahan dan vitamin, juga menjadi kegiatan utama dalam Posyandu Lansia tersebut. Karena, hal ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap orang yang lebih tua, tanpa melihat mereka siapa dan latar belakang mereka sebelum masuk kesini," tutup Aziz. (*)