Pendidikan

Tahun 2023 Disdik Riau akan Bangun 5 Unit Sekolah Baru SMK

Ilustrasi: Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution meninjau unit pembangunan sekolah, beberapa waktu lalu.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau akan membangun 5 Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Provinsi Riau, M Job Kurniawan melalui Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Yusri Rasul mengatakan, untuk pembangunan 5 USB SMK tersebut diusulkan Rp60 miliar dalam APBD 2023. 

"Untuk anggarannya sudah kita diusulkan masuk di APBD murni 2023. Insya Allah pembangunan USB SMK bisa diwujudkan tahun depan," kata Yusri, Rabu (7/9/2022). 

Yusri mengatakan, USB SMK tersebut akan dibangun di Kandis Kabupaten Siak, Duri Kabupaten Bengkalis, Rupat Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Rokan Hulu. 

"Untuk lahan pembangunan 5 USB penyediaannya dilakukan secara swakelola, hibah dari masyarakat. Kalau USB ini dibangun bisa menampung 750 siswa," terangnya. 

Yusri mengatakan, pembangunan USB SMK tersebut diharapkan bisa untuk mengurai kekurangan daya tampung siswa. 

"Sebab setiap tahun kita selalu dihadapkan pada kekurangan daya tampung siswa baru. Pembangunan USB ini paling tidak bisa membantu sedikit membantu mengurai kebutuhan data tampung SMK," harapnya. 

"Selama ini kita terus berupaya memenuhi daya tampung, dengan membangun Ruang Kelas Baru (RKB). Tapi karena pertumbuhan lulusan SMP sederajat yang ingin masuk SMK negeri juga meningkat, jadinya daya tampung SMK negeri tetap kurang," pungkasnya. 

Berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek, jumlah SMK di Provinsi Riau tahun 2021 sebanyak 309 negeri dan swasta, dengan rincian negeri 128 unit dan swasta 181 unit.