Pendidikan

Pemko Dumai Salurkan Beasiswa ke 177 Mahasiswa 

Keterangan foto : Wali Kota Dumai, Paisal foto bersama dengan ratusan mahasiswa-mahasiswi UNRI usai lakukan kukerta di Dumai.(Kominfo)

DUMAI, RIAULINK.COM - Kembali Pemko Dumai melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Dumai memberikan beasiswa kepada 177 mahasiswa Dumai yang berprestasi.

Hal ini disampaikan Wali Kota Dumai, Paisal. Beasiswa tersebut dalam rangka wujud kepedulian pemerintah di bidang pendidikan dan sesuai dengan UU nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan peningkatan mutu pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Beasiswa ini digelontorkan Pemko Dumai pada tahun anggaran 2022 melalui Bagian ADM Kesra menganggarkan pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa umum berprestasi asal Kota Dumai yang mempunyai prestasi akademis dengan ketentuan dan persyaratan yang telah tertuang dalam SE nomor 450/ 773.1/Kesra,"terangnya kepada wartawan, Senin (5/9/2022).

Sebelumnya Pemko Dumai juga telah mengalokasikan beasiswa penuh terhadap 15 mahasiswa yang diterima di Politeknik Chevron Riau (PCR) tahun 2022.

"Penerima beasiswa mahasiswa PCR merupakan mahasiswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan data keluarga mereka masuk sebagai penerima bantuan sosial pemerintah,"ujarnya singkat.

Di tempat terpisah, Kabag ADM Kesra Setdako Dumai, ‎Eromzi menjelaskan, untuk tahun ini Pemko Dumai menyediakan beasiswa bagi 177 mahasiswa berprestasi asal Kota Dumai, di antaranya program pendidikan S1 dan D3.

Untuk program S1, pemerintah memberikan beasiswa sebesar Rp3 juta setiap tahunnya sedangkan program D3 sebanyak Rp2 juta.

Program beasiswa umum ini dilaksanakan melalui seleksi dan kriteria tertentu. ‎

Ada persyaratan khusus bagi penerima beasiswa umum ini, diantaranya nilai indeks kumulatif prestasi (IPK)  minimal 3,6. "Seluruh mahasiwa memiliki kesempatan yang sama," ungkapnya.

Dijelaskannya, pembiayaan tersebut akan dikirim langsung melalui rekening masing-masing mahasiswa yang terpilih. 

"Pada 31 Agustus 2022 telah kita sebar edaran terkait seleksi mahasiswa penerima beasiswa. Jika nanti jumlah pendaftar membludak maka akan diseleksi melalui nilai IPK masing-masing, yang tertinggi akan diprioritaskan,"terangnya.

"Program beasiswa ini, merupakan upaya Pemko Dumai mendorong keberlangsungan pendidikan generasi bangsa agar dapat menyelesaikan pendidikan yang berkualitas dan bermutu, diharapkan pendidikan yang mereka dapatkan bisa bermanfaat bagi daerah," pungkasnya.