Pendidikan

Pengenalan Akademik, UNISI Tembilahan Taja KPA Offline Bagi Mahasiswa Baru

INHIL, RIAULINK.COM - Dalam rangka pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik, Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan menggelar Kegiatan Pengenalan Akademik (KPA).

Kegiatan pembukaan KPA yang digelar di Kampus I UNISI Tembilahan Jalan Lintas Provinsi, Parit 6 Tembilahan ini dibuka langsung Rektor UNISI Tembilahan, Dr H Najamuddin Lc MA, hadir juga perwakilan Yayasan Tasik Gemilang (YTG) Yulizen Yunal SIP MM, Wakil Rektor 1 Gunawan Syahrantau SP MMA beserta civitas akademika Universitas Islam Indragiri. Sebanyak 547 mahasiswa dan mahasiswi akan mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Panitia KPA, Gunawan Syahrantau SE MMA menyampaikan, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari ini, mulai tanggal 1 September mendatang ini.

"Kegiatan ini akan diisi materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik disertai materi wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, serta materi lain yang bermanfaat bagi mahasiswa," katanya.

Adapun para pemateri terdiri dari internal, yakni Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, para Dekan dan Ketua Lembaga/ UPT, Organisasi Mahasiswa di lingkungan UNISI, serta pemateri eksternal dari BPJS Kesehatan, BPOM dan BRI.

Sedangkan Rektor UNISI Dr H Najamuddin Lc MA menyatakan, kebanggaannya atas apresiasi para mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan ini.

"Saya berharap agar mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dan betah di lingkungan UNISI. Jangan terpaku untuk belajar di kampus saja, namun mahasiswa juga bisa mencari wawasan di luar termasuk melalui kegiatan seperti ini," tambahnya.

Untuk diketahui, Perguruan Tinggi adalah institusi yang mendapat amanah untuk menghasilkan insan intelektual, ilmuan, dan/atau profesional yang berbudaya dan kreatif, toleran, demokratis, berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran untuk kepentingan bangsa.

"Untuk itu, sebelum memasuki dunia Perguruan Tinggi sebenarnya, para mahasiswa dan mahasiswi ini harus menjalani Kegiatan Pengenalan Akademik," sebutnya.

Diharapkan, dari kegiatan ini mampu menumbuhkan keakraban di antara mahasiswa, agar terjadi transfer informasi tentang pengembangan penalaran dan kreativitas mahasiswa, serta organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus.

Penyelenggaraan KPA difokuskan pada upaya pendewasaan dan pembelajaran dengan tertib dan tidak ada kekerasan verbal, fisik maupun mental.