Sosial

Terima Rumah Resetlemen, Ujang Ucapakan Terima Kasih ke Pemkab Rohil

ROHIL, RIAULINK.COM - Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP didampingi Wakil Bupati H Sulaiman menyerahkan secara langsung 15 unit rumah resetlemen kepada Warga sungai pabrik kelurahan bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Rabu (16/8/2022).

Penyerahan rumah resetlemen tersebut dihadiri Plt Kadis Perkim Budi Mulya, Kadiskominfotik Indra Gunawan, SE tokoh masyarakat Azhar Syakban, Camat Bangko Aspri Mulya, Lurah Bagan Hulu Muhtar,Spd, Tokoh Masyarakat, Ketua RT dan RW setempat.

Dalam sambutannya PLT Kepala Dinas Perkim Budi Mulya mengatakan, mewakili masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati dan Wabup atas penyerahan 15 unit rumah resetlemen Jalan SMA negeri 2.

Budi Mulya menerangkan, dalam pembangunan rumah resetlemen itu sebelumnya Dinas Perkim pada tahun 2020 yang lalu mengusulkan sebanyak 30 unit. Namun katanya, karena keterbatasan anggaran hanya bisa terealisasi sebanyak 15 unit dengan nilai anggaran sebesar Rp 1,8 Milyar. 

"Dalam pembangunan nya kita mencoba membuat seperti terpadu. Dimana ada jalan, sumur bor instalasi listrik, " katanya.

Dalam kesempatan itu, Budi Mulya juga tak lupa mengingatkan masyarakat penerima bantuan rumah resetlemen agar dapat menjaga dan merawat fasilitas yang telah disediakan terutama sumur bor.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan bahwa  sebelum dilaksanakan penyerahan, dirinya telah melakukan pengecekan rumah resetlemen tersebut.

"Rumah nya dibangun dengan sangat bagus meski ukuran nya tidak terlalu besar. Sumur bor juga telah disediakan, rawat lah dengan baik karena merupakan  milik dan kebutuhan bersama," sebutnya. 

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan rumah resetlemen lanjut Bupati, tidak perlu berkecil hati. Dimana katanya, tahun depan Pemda Rohil akan kembali menganggarkan di APBD untuk pembangunan rumah selanjutnya. 

"Bagi masyarakat yang belum dapat insya allah tahun 2023 akan kembali kita bangun karena lahan kota masih lebar, selain itu bedah rumah juga akan kita lakukan se Kabupaten Rohil," paparnya.

Bupati mengakui, masih banyak masyarakat yang berada di sekitar dengan kondisi yang sama. Namun, dikarenakan keterbatasan anggaran maka pembangunan akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya.

"Pemda akan terus peduli terhadap masyarakat termasuk nelayan, kami meminta masyarakat agar bersabar untuk pembangunan selanjutnya tahun 2023 mendatang," pungkasnya.

Sementara itu salah seorang penerima rumah resetlemen Syahrul hadi(65) atau yang sering dipanggil dengan nama Ujang menyampaikan rasa syukur dengan adanya bantuan rumah resetlemen yang diberikan oleh pemerintah tersebut, Karena selama ini ujang hanya menumpang tinggal di rumah iparnya.

"Kami sangat bersyukur dan mengucapkan rasa terimakasih kami kepada pemerintah daerah, karena dengan adanya bantuan rumah resetlemen ini masyarakat bisa terbantu, mudah mudahan kedepannya bagi masyarakat yang belum mendapatkan rumah bantuan ini, kami berharap kepada pemerintah agar memasuki pada program selanjutnya,"  Ucap Ujang. (Adv/Aman)