Lingkungan

Kunjungi Kabupaten Inhu Riau, Menteri LHK RI Tanam Pohon Sentul Bersama Pelajar SD

INHU, RIAULINK.COM - Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Republik Indonesia, Siti Nurbaya, menggelar kunjungan kerja ke Provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu (13/7/2022).

Kedatangan Menteri LHK ke Kabupaten Inhu, didampingi Gubernur Riau, H Syamsuar, dan rombongan disambut langsung Bupati Inhu, Rezita Meylani, dan Forkopimda Inhu.

Salah satu agenda kunjungan kerja tersebut adalah dalam rangka, penanaman pohon guna rehabilitasi hutan dan lahan, dan mendukung upaya penyelamatan DAS (Daerah Aliran Sungai) Indragiri akan ancaman abrasi.

Titik penanaman pohon tersebut dipusatkan di pinggir Sungai Indragiri, Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat.

"Inhu merupakan daerah yang indah dan bagus, sehingga banyak potensi yang bisa dikembangkan. Sebagai harapan bersama tentu pemerintah pusat dan provinsi akan terus mendukung demi kelestarian lingkungan," ujar Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Dan untuk memulai hal seperti ini, tentu tidak lah mudah dan membutuhkan penanganan yang serius, salah satunya melalui kerjasama lintas pemerintah.

Tujuan dari semua itu, tentunya untuk mengantisipasi dampak banjir serta abrasi yang dapat merugikan masyarakat, terutama yang berdomisili di daerah DAS (Daerah Aliran Sungai).

"Dengan demikian, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Riau, khususnya warga Kabupaten Inhu untuk melestarikan alam dengan cara menanam pohon. Mari kita benahi tata kelola penghijauan untuk bangsa dan negara kita," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Inhu Rezita Meylani, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Menteri LHK-RI dan Gubri Riau ke Kabupaten Inhu.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, saya mengucapkan terimaksih atas kunjungan ibuk dan bapak ke daerah kami ini. Hendaknya menjadi berkah dan membawa dampak positif bagi kami dalam menghadapi masalah lingkungan ini," ujar Rezita.

Program ini sambung Rezita, suatu bentuk nyata dukungan pemerintah pusat kepada daerah Inhu, singkat Rezita.

Diakhir acara tersebut, Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan bantuan kepada KTH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) yang terdiri dari 4 kelompok tani, dengan besar bantuan Tp200 juta.

Yang mana, pengelolaanya tergabung dalam pengembangan perhutanan sosial nasional terhadap masing-masing kelompok.

Pantauan RiauLink.com, saat melakukan penanaman pohon secara serentak, Menteri LHK RI sengaja melibatkan sepasang pelajar sekolah dasar. 

Hal itu bertujuan, agar kelak mereka besar memiliki rasa cinta akan lingkungan, dan gemar menanam pohon demi lestarinya alam. Ada pun jenis pohon yang ditanam yaitu, pohon Sentul. (*)