Lingkungan

Sampah di Pantai Pelabuhan Penipahan Mulai Dibersihkan

ROHIL, RIAULINK.COM - Kantor UPP Kelas III Panipahan, Bersama TNI-AL, Polairud dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar Ridho Bagansiapiapi, Kompak Bersihkan Sampah di Pantai pelabuhan Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir, Sabtu (13/8/2022).

Kegiatan yang digagas oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Panipahan tersebut, turut di dukung para pemangku kebijakan pelabuhan seperti Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) dihadiri Letda Johan dan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Panipahan dihadiri A.A Daulay.

Kepala Kantor UPP Kelas III Panipahan, Prayito SH dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT RI yang Ke- 77.

" Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat membuat kegiatan yang nyata ditengah tengah masyarakat, setidaknya dengan melakukan bersih-bersih di lingkungan kantor dan pantai di seputar Pelabuhan Panipahan," Ujarnya.

Prayitno SH juga berharap kepada mahasiswa yang tengah melaksanakan KKN (kuliah kerja nyata) di Kecamatan Pasir Limau Kapas, kiranya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Panipahan.

"Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi amal ibadah kita, dan ini menjadi ladang bagi kita semua," Ucapnya.

Mewakili mahasiswa, Ketua Kelompok KKN STAI Ar-Ridho Bagansiapiapi Kecamatan Pasir Limau Kapas Isfansyah, merasa senang dan bahagia bisa ikut serta dalam kegiatan bersih pantai yang di inisiasi oleh kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Panipahan dalam menyambut HUT RI yang Ke- 77. 

" Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat sekitar akan kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan, dan Tujuan dari kegiatan ini  ialah, agar ekosistem laut di Kecamatan Palika tetap terjaga kelestariannya," Harap Isfansyah

Sebelum turun ke pantai dengan menggunakan kapal patroli dan peralatan seadanya, sebelumnya para mahasiswa/i diberikan kesempatan untuk ikut bergabung di pelabuhan dalam pelayanan embarkasi bersama petugas Pelabuhan Panipahan, dengan tujuan Panipahan-Bagansiapiapi.

Secara bersama-sama mahasiswa dengan petugas TNI-AL, Polairud beserta jajaran Kantor UPP Kelas III Panipahan membersihkan sampah di lingkungan kantor Pelabuhan Panipahan, lalu turun ke pantai untuk mengambil sampah-sampah yang terapung  pantai seperti sampah botol aqua dan lainnya tampak menimbul dipermukaan air.

Seluruh sampah-sampah plastik yang dikumpulkan kemudian dimasukkan ke dalam wadah plastik warna biru dan hitam yang telah di siapkan petugas kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Panipahan di letakkan ke tempat pembuangan sementara (TPS).

Selain membersihkan sampah di sekitar pantai Pelabuhan Panipahan, kegiatan lainnya akan dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi keselamatan berlayar dan pembagian jacket kepada nelayan.

Dalam kesempatan yang sama, masih dalam rangka menyambut HUT RI yang Ke- 77 tahun 2022, TNI-AL Panipahan akan membagikan bendera merah putih kepada nelayan.