Ekonomi

Akhirnya Jaringan Gas Masuk Rumah Warga di Pelalawan

PELALAWAN, RIAULINK.COM - Sebagian masyarakat Kabupaten Pelalawan khususnya yang berdomisili di Pangkalan Kerinci tidak perlu lagi mengantre untuk mendapatkan gas di berbagai pangkalan gas. Hal ini menyusul gas sudah mulai masuk dalam rumah warga.

Posisinya saat ini, petugas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI melalui Direktorat jenderal minyak dan gas bumi sudah melakukan pemasangan instalasi pipa gas ke rumah-rumah warga di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Tahap awal berdasarkan data yang diperoleh, jaringan pipa gas ini melayani rumah warga yang berada di Kelurahan Kerinci Timur dan Kelurahan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci. Bahkan untuk Kelurahan Kerinci Timur pipa gas ini sudah tersambung ke perumahan-perumahan warga.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Pelalawan, Tengku Zulfan, Ahad (3/7/2022) menyebutkan bahwa total perumahan warga bakal dialiri pipa gas ini sebanyak 3.712 rumah. Rinciannya, untuk Kelurahan Kerinci Timur 1.011 dan Kelurahan Kerinci Kota sebanyak 2.701 rumah.

Yang menggembirakan kata Tengku Zulfan, setiap rumah langsung diberikan tungku gas secara gratis kepada masyarakat dari kementerian. "Kemarin pak bupati sudah melakukan peninjauan didampingi orang kementerian, memastikan jaringan gas ini sudah terpasang di rumah-rumah warga," papar Tengku Zulfan.

Pemasangan jaringan pipa gas masuk ke rumah warga di Pangkalan Kerinci tegas Tengku Zulfan, adalah tahap awal. Kedepan kata dia, rumah-rumah warga yang dilintasi pipa gas PGN juga dialiri gas. Seperti di Kecamatan Langgam, Pangkalan Kuras, Pangkalan Lesung, Ukui.

"Kita kan penghasil gas, jadi kedepan rumah-rumah warga yang dilewati pipa gas PGN menunggu giliran," tandanya.***