Riau

Bupati Kasmarni Apresiasi Kegiatan Bermusem Durian

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis (Pemda) apresiasi kepada panitia pelaksana dan seluruh masyarakat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disperbudpora) Kabupaten Bengkalis yang telah menggagas kegiatan Bermusem Durian ini.

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni saat menghadiri kegiatan Bermusem Durian, Selasa, (28/06/2022) di Bantan Tengah.

Acara dibuka dengan penyerahan Bantuan Bibit Sawit unggulan dan Hand Tractor (traktor tangan).

Bupati Kasmarni mengatakan, Pemda Bengkalis berkomitmen untuk terus mendorong, menfasilitasi ide-ide kreatif masyarakat dan mengembangkan upaya potensi durian local.

“Karena antusias dan ketertarikan masyarakat tentunya sangat membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dalam bidang pemasaran terutama pasca pandemi covid-19,”ungkap Kasmarni.
Selanjuntnya, Bupati Kasmarni mengatakan khusus di pulau Bengkalis, Bantan, Pulau Rupat dan siak kecil, saat ini memiliki potensi kuliner buah durian yang sangat menjanjikan pengembangannya.

“Pada tahun 2022 terdapat seluas 30 hektar untuk 3 gabungan kelompok tani (Gapoktan) di tiga kecamatan menerima bantuan yang bersumber dana Tugas Pembantuan (TP) APBN untuk pengembangan varitas otong, masing masing mendapat 1.000 batang bibit yakni pertama, Gapoktan Berancah Bersatu di Desa Berancah Kecamatan Bantan. kedua Gapoktan Usaha Maju Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil dan ketiga Gapoktan Titian Rizki, Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat,”imbuh orang nomor satu di Bengkalis.

Lalu, Bupati Kasmarni Berpesan kepada para petani Bengkalis khususnya masyarakan Kecamatan Bantan untuk memanfaatkan bantuan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

"Teruntuk masyarakat atau Kelompok tani yang medapatkan bantuan bibit kelapa sawit unggulan untuk memanfaatkan dengan sebaik mungkin, dan kami berharap dengan adanya bibit sawit ini tidak mengorbankan pohon durian yang sudah ada, karena dengan adanya pohon durian besrta buahnyalah kita dapat membuat acara Bermusim Durian untuk tahun depan dan selanjutnya,"Harapan Bupati.

Ikut hadir mendampingi Bupati Bengkalis dalam kegiatan Bemusim Durian tersebut, Anggota DPRD Provinsi Riau Hj. Farida Sa’ad, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Kejari Bengkalis Rakhmat Budiman, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Anggota DPRD Bengkalis Askori, Kasdim 0303 Bengkalis Mayor Arh Sudiyono, para Staf Ahli Bupati, para Asisten di lingkungan Sekretariat Daerah Bengkalis, serta kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.