Riau

Gubri Syamsuar Hadiri Gebyar Makan Durian Bantan

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri sekaligus memberikan kata sambutan pada acara Gebyar Makan Durian Bantan tahun 2022 di Desa Berancah, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, Minggu (26/06).

Dalam kegiatan ini, Gubri Syamsuar bersama istri Hj. Misnarni Syamsuar didampingi oleh Wakil Bupati Kab.Bengkalis Bagus Santoso berserta istri Hj. Siti Aisyah dan Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy.

Turut hadir pula, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmat, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau Mamun Murod dan Organisasi Perangkat Daerah yang terkait.

Mengawali kata sambutannya, Gubri mengatakan bahwa senang sekali bisa hadir dalam agenda gebyar makan durian di Kabupaten Bengkalis serta memuji masyarakat yang telah berhasil menjadi petani durian dan pengelola buah durian.

“Saya sangat senang sekali dengan bisa ada di kegiatan ini, tadi malam juga saya telah berbicara dengan petani durian yang ada di bengkalis ini, menurut saya masyarakat-masyarkat disini sudah ahli dalam bidang pengolahan dan merawat durian ini,” katanya

Ia menjelaskan, masyarakat harus bangga dengan memiliki pohon durian lokal tersebut karena buahnya mempunyai rasa yang berciri khas, dan untuk itu harus dilakukan penanaman bibit baru supaya keberadaan durian-durian lokal tetap terjaga.

“Kita harus bangga dengan durian yang kita punya, dan itu yang harus kita pertahankan supaya makin berkualitas. Untuk itu mari kita menjaga dan kita lakukan peremajaan,” jelasnya

Sementara itu, Wabup Bengkalis Bagus Santoso mengatakan ucapan selamat datang kepada Gubernur Riau beserta rombongan yang telah hadir dalam agenda tahun pertama Gebyar Makan Durian Bantan.

Ia melanjuti, bahwa pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan yang diadakan saat ini.

“Gebyar makan durian yang ada di desa ini merupakan agenda tahunan yang pertama kali, kami selaku pemerintah kabupaten sangat mendukung sekali adanya kegiatan ini,” ungkapnya

Ia berharap, agenda ini akan menjadi salah satu agenda wisata tahunan yang ada di Provinsi Riau, dan nantinya dapat menarik minat wisatawan baik dalam negeri mau pun luar negeri datang ke Bumi Lancang Kuning.

“Saya berharap semoga agenda ini menjadi salah satu agenda tahunan yang dapat menarik wisatawan ke Riau dan semoga juga berhasil mendorong pendapatan masyarakat disini,” harapnya