Metropolis

Bupati Wardan Buka Secara Resmi MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten lnhil Tahun 2022

INHIL, RIAULINK.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs. HM. Wardan, MP didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, S.Sos, ME yang juga merupakan Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Inhil membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-52 Tingkat Kabupaten Inhil Tahun 2022. Rabu malam (22/6/2022)

Pembukaan MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Inhil tahun 2022 yang dipusatkan di Halaman Masjid Besar Nurul Jama'ah Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah turut dihadiri Ketua dan Anggota DPRD Inhil, Unsur Forkopimda, Sekda Inhil beserta Istri, Asisten Bupati, Kepala Instansi Vertikal, Ketua MUI, Ketua LPTQ, Camat se Kabupaten Inhil, Unsur Forkopimcam dan beberapa Kepala OPD di Lingkup Pemkab Inhil serta undangan lainnya.

MTQ ke-52 tingkat Kabupaten tahun 2022 yang dimulai pada tanggal 22-26 Juni ini diikuti oleh 20 Kecamatan, dengan jumlah keseluruhan peserta 509 orang yang mengikuti 4 cabang lomba, yang terdiri dari cabang tilawah, cabang tahfidz, cabang fahmil dan cabang syarhil.

Bupati Inhil HM Wardan sebelum menyampaikan sambutan terlebih dahulu dilakukan penyerahan piala bergilir dari Camat Tembilahan kepada Bupati, dan diserahkan kembali kepada Ketua Umum penyelenggara MTQ. 

Selanjutnya, Bupati HM Wardan smenyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak dan seluruh komponen masyarakat yang telah turut berperan dan mendukung pelaksanaan MTQ ke-52 yang semarak dan membanggakan ini.

Menurutnya, tema yang diusung sangat relevan dengan situasi saat ini yaitu, ”Melalui MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir, Kita Tingkatkan Minat Baca dan Pemahaman Al-Qur’an Dalam Mewujudkan Umat Yang Sehat dan Ekonomi Yang Kuat,"  tambahnya

Dikatakan Bupati, penyelenggaraan MTQ ini adalah salah satu bentuk syiar islam yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi ummat untuk senantiasa membaca, memahami serta mengamalkan isi kandungan Kitab Suci Al-Qur’an. 

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Inhil terus berkomitmen untuk membumikan Al-Qur’an dan mewujudkan generasi Qur’ani di Daerah ini, diantaranya melalui program magrib mengaji dan program satu Desa/Kelurahan satu rumah tahfidz, jelas Bupati

"Selain untuk mewujudkan generasi muda Qur’ani yang berakhlak mulia, melalui program itu juga diharapkan dapat melahirkan Qori, Qori’ah dan Hafidz, Hafidzah yang terbaik dan berprestasi, yang akan mengharumkan nama Daerah di MTQ berbagai tingkatan," terangnya

Terakhir HM Wardan berpesan kepada para peserta MTQ dari seluruh Kecamatan, untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten ini dengan baik dan maksimal, agar dapat meraih prestasi yang setinggi-tingginya serta dapat mewakili Kabupaten Inhil pada MTQ ke-40 tingkat Provinsi Riau tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir pada tanggal 24-31 juli 2022 yang akan datang, tutup Bupati HM Wardan

Acara diakhiri dengan drama klosal para penyeru penampilan dari siswa dan siswi SMA 1 Tanah Merah, MAN 2 Inhil, SMK Nusantara dan SMP 1 Tanah Merah.