Metropolis

Sebelum Berangkat ke Mekkah, 86 JCH Dumai Jalankan PCR

Keterangan foto : salah satu JCH asal Kota Dumai jalani PCR di RSPD.(bem)

DUMAI, RIAULINK.COM - Sebelum melakukan perjalanan ke Mekkah pada 23 Juni 2022, 86 jemaah calon haji (JCH) asal Kota Dumai wajib menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR) pada Rabu (22/6/2022).

Pelaksanaan swab PCR di Rumah Sakit Pertamina Dumai (RSPD) Kota Dumai.

Humas Rumah Sakit Pertamina Dumai, Mipkal melalui Dila mengungkapkan, bahwa pelaksanaan PCR terhadap 86 JCH asal Dumai, dilaksanakan sejak pagi dan berakhir sekiranya pukul 12.00 WIB.

Dikatakan Dila, pengambilan PCR kepada para JCH berjalan lancar karena dibantu langsung oleh Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Pihaknya telah menyiapkan empat petugas analis dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Para JCH datang tepat waktu saat mengikuti tes PCR. Untuk hasilnya akan keluar malam ini dan akan kita informasikan melalui WhatsApp,*terang Dila kepada wartawan.

Kepada para JCH, dirinya mengimbau agar untuk istirahat di rumah karena perjalanan ke Mekkah akan berlangsung panjang yakni 72 jam ke depan. "Sehingga kondisi tubuh harus tetap terjaga,"kata dia.

Sementara, ‎Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Dumai, Sudarmanto, mengungkapkan, salah satu syarat wajib bagi JCH untuk berangkat ke Mekkah adalah surat bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil swab PCR negatif.

Sesuai aturan ya g diwajibkan oleh Pemerintah Arab Saudi kepada seluruh negara yang mengantarkan jemaahnya ke Tanah Suci termasuk JCH asal Indonesia.

Khusus untuk JCH asal Dumai, pengambilan tes PCR di RSPD, dan saat ini masih menunggu hasilnya.

"Apabila hasilnya reaktif berdasarkan hasil rapat di provinsi maka JCH tersebut akan dikarantina dan kemudian mereka akan diberangkatkan di kelompok terbang nusantara‎," terangnya.

‎Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Dumai, dr Syaiful selain menjaga kondisi kesehatan, JCH juga dianjurkan berkonsultasi dengan dokter‎ pribadi jika memiliki penyakit, untuk kelancaran proses pelaksanaan ibadah haji di Mekkah.

"Kalau bisa stok obat untuk satu bulan dibawa kalau ada sakit bawaan, sekaligus untuk berjaga jaga untuk diri sendiri, dan juga jangan lupa bawa vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh," sebutnya.

Dirinya berharap, saat pelaksanaan swab PCR nantinya, 86 JCH Dumai, bisa seluruhnya negatif, dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar.

"Insyaallah para JCH menjadi haji yang mabrur,"kata dia menutup.

Untuk keberangkatan para JCH besok Jumat, 23 Juni 2022 akan dilepas langsung oleh  Wali Kota Dumai, Paisal usai salat Subuh menuju embarkasi Antara Pekanbaru.