Riau

Jelang HUT Bhayangkara Ke-76, Mbah Tarom 'Bacok' Perut Kapolres Inhu dengan Kapak

Ket Foto: Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso saat menunjukan kebolehan dalam menampilkan atraksi debus.

INHU, RIAULINK.COM - Jelang peringatan hari bhayangkara ke 76, Mapolres Indragiri Hulu, Riau digemparkan oleh aksi pembacokan Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso.

Orang nomor satu di jajaran Polres Inhu itu, dibacok oleh Mbah Tarom dengan menggunakan sebuah kapak. Kejadian mengerikan itu terjadi di halaman Mapolres Inhu, Senin (13/6/2022) siang tadi.

Kendati mengenai tepat pada perut, kapak tersebut mental dan tak sedikit pun melukai AKBP Bachtiar Alponso. Suasana yang sebelumnya tegang, sontak berubah riuh oleh sorak dan tepuk tangan personil yang ada.

Pembacokan itu, merupakan rangkaian atraksi kesenian debus yang ditampilkan Kapolres Inhu jelang peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

Untuk diketahui, Kapolres Inhu sendiri merupakan pimpinan dari kesenian tradisional asal Provinsi Banten tersebut.

"Atraksi debus ini, merupakan salah satu pagelaran kesenian tradisional yang sengaja kita tampilkan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76, sekaligus mengecek kekuatan fisik dan mental anggota dalam menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Inhu," kata Kapolres Inhu didampingi PS Kasubsi Penmas Polres, Aipda Misran disela-sela kegiatan tersebut.

Dikatakannya, semua rangkaian atraksi ditampilkan oleh profesional. Dan hari ini, sedikitnya ada 9 atraksi yang diperagakan, diantaranya memecahkan genteng menggunakan kepala oleh personel Polres Inhu, dan mengunyah silet oleh Mbah Tarom.

Tidak itu saja, atraksi bacok perut gunakan pedang, dilindas menggunakan sepeda motor, dipukul menggunakan kayu yang dibakar, tebas semangka diatas kepala dengan mata tertutup oleh personil Polres Inhu, juga ikut ditampilkan dalam atraksi itu, ujar Misran.

Dan sebagai rangkaian penutup, atraksi bacok perut menggunakan kapak, mengendarai sepeda motor mengelilingi Kota Rengat dengan mata tertutup serta menyalakan tespen melalui tubuh yang diperagakan Kapolres Inhu, menjadi penyempurna rangkaian penampilan atraksi debus tersebut, jelas Misran.

Selain ratusan personil, tampak juga hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polres Inhu Kompol Dwi Yatmoko, para Kabag, Kasat, Perwira Pertama yang ada. (*)