Peristiwa

Diguyur Hujan Deras, Rumah dan Ruas Jalan di Pematang Reba Inhu Direndam Bajir

INHU, RIAULINK.COM - Pasca diguyur hujan deras, belasan rumah warga di KM 4 Lingkungan Sei Durian, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu, Riau terendam banjir.

Kondisi itu diperparah, akibat drainase yang ada di daerah itu tidak lagi mampu menampung debit air, sehingga meluap dan merendam beberapa rumah warga.

Pantauan RiauLink.com, Sabtu (11/6/2022) pagi, banjir akibat hujan deras dan luapan drainase yang tersumbat itu, tidak hanya merendam tumah warga, melainkan juga menggenangi ruas jalan umum.

Diperkirakan, ketinggian air di dalam rumah warga mencapai selutut orang dewasa. Fenomena ini seakan sudah menjadi langganan rutin warga, setiap kali daerah itu diguyur hujan deras.

"Setiap kali hujan dengan intensitas tinggi dan dalam durasi lama, daerah ini pasti kebanjiran," ujar Anas (45), warga setempat.

Parahnya lagi sebut Anas, banjir tersebut terjadi akibat buruknya drainase yang ada di daerah itu, sehingga tidak mampu menampung debit air datang.

Dengan demikian, sebagai warga dirinya berharap agar pemerintah daerah, mulai dari tingkat paling bawah dalam hal ini Lurah Pematang Reba, Camat Rengat Barat, hingga Bupati Kabupaten Inhu, agar peduli dengan kejadian tersebut, sehingga dapat mencarikan solusi dalam mengatasi persoalan ini.

"Sebagai warga masyarakat, tentunya kami hanya bisa berharap akan kepedulian pemerintah dalam hal melakukan perbaikan dan pembangunan saluran drainase. Sehingga kedepan kejadian serupa tidak lagi terjadi," tutupnya. (*)