Budaya

Sopandi Batin Galang Terpilih Ketua Dewan Kesenian Meranti

MERANTI, RIAULINK.COM - Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (07/06/2022), menunjuk Sopandi Batin Galang sebagai ketua umum. 

Helat ini berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti dan dihadiri Ketua Umum DKR Taufik Hidayat, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti, Abdullah, Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Meranti Hesti, serta sejumlah seniman. 

Dalam sambutannya, Ketua Umum DKR Taufik Hidayat menyebutkan, bahwa dewan kesenian adalah organisasi sebagai penguatan Undang Undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan. Secara tegas, keorganisasian dewan kesenian ini diatur dalam intruksi menteri dalam negeri nomor 5/A tahun 1993. 

Pada saat ini, ungkap Taufik, keberadaan dewan kesenian sangat strategis karena pasca pandemi Covid-19 salah satu sektor percepatan pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. "Pariwisata dengan seni budaya ibarat kuku dengan daging, destinasi wisata sulit dijual jika tidak berdampingan dengan seni budaya. Artinya, untuk percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional pada saat ini juga ada di pundak pelaku seni," ungkap lelaki yang biasa disapa Atan Lasak itu.

Pada kesempatan itu, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti Abdullah, mengucapkan Alhamdulilah sudah terbentuk kepengurusan baru Dewan Kesenian Meranti.

"Kita (Pemerintah Kepulauan Meranti) sebagai mitra dewan kesenian sangat menyambut baik sudah terbentuk Dewan Kesenian Meranti. Semoga ke depan lebih bisa bersinergi lagi dalam pemajuan seni budaya," ucap Abdullah. 

Musenda Dewan Kesenian Meranti tersebut dipimpin Sekretaris Umum DKR Bambang WJ, dan secara aklamasi peserta Musenda menunjuk Sopanti sebagai ketua. Selanjutnya, Sopandi menunjuk Rudi Kodon sebagai sekretaris umum dan Edi Sumantri sebagai bendahara umum. Dalam waktu singkat, Musenda mengamanatkan kepada Sopandi untuk membentuk kelengkapan kepengurusan dewan kesenian Meranti.

 "Terimakasih telah memberi kepercayaan kepada saya untuk memimpin organisasi ini,  mohon dukungan dan kerjasamanya dalam upaya kite menajukan seni budaya di Meranti," ucap Sopandi.