Riau

Gubernur Riau Pastikan Pembangunan Tol Pekanbaru-Padang Dimulai dari Riau

Wan Thamrin Hasyim (kiri) Gubernur Riau.

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim memastikan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang akan dimulai pada tahun ini. Gubri mengaku telah bertemu dangan penyandang dana yang akan membangun tol Pekanbaru-Padang.

Pada pertemuan tersebut, pihak penyandang dana atau kontraktor pembangunan tol Pekanbaru-Padang, telah menyepakati pembangunan di mulai dari Pekanbaru. Walaupun Presiden Joko Widodo telah melakukan ground breaking di Kota Padang pada 2017 yang lalu. 

“Untuk tol Pekanbaru-Padang, saya bertemu dengan penyandang dana, pengerjaannya dimulai dari Pekanbaru. Tentu ini menjadi berita gembira bagi kita, agar percepatan pembangunan tol Pekanbaru-Padang,” ujar Gubri Wan Thamrin Hasyim, Ahad (27/1/2019).

Dijelaskan Gubri, pemindahan pembangunan tol Pekanbaru-Padang ke Riau setelah dilakukan kajian, dimana kondisi alam di Riau yang lebih mudah dikerjakan. Selain itu masyarakat Riau juga mendukung pembangunan tol, dan tidak ada permasahan terutama dalam pembebasan lahan. 

“Di Riau tidak banyak masalah, masyarakat mendukung. Saat ini alat berat sudah di Pekanbaru sudah. Dan saya sudah sampikan ke bupati Kampar dan Walikota Pekanbaru, sambut kedatangan mereka,” kata Gubri.

“Yakinlah Riau ini akan menjadi ibukota pulau Sumatera, karena Riau berada di tengah-tengah pulau Sumatera, dan tol bakal menyambung. Apalagi dengan selesainya tol Pekanbaru-Dumai, maka akan semakin mempermudah dan mempersingkat pengiriman barang melalui jalur tol Pekanbaru-Padang,” tambahnya.

Wan Thamrin juga bertekat sebelum habis masa jabatannya sebagai Gubernur Riau. Ia akan menghadap Presiden Jokowi, untuk persiapan dimulainya pembangunan tol Pekanbaru-Padang di Riau.

“Insya Allah saya akan menghadap Presiden minggu depan. Kita meski mengejar anggaran pusat agar pembangunan di Riau ini semakin pesat, ekonomi semakin meningkat dengan lancarnya pembangunan,” harap Wan Thamrin. 

Untuk diketahui pembangunan tol Pekanbaru-Padang ini sepanjang 254 kilometer, dan dikerjakan oleh BUMN PT Hutama Karya. Rencana pembangunan mulai dari Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh- Bukittinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung-Padang.

Tol ini merupakan salah satu rencana program pemerintah yang akan menghubungkan tol trans Sumatera. Dan direncanakan tol Pekanbaru-Padang dibagi menjadi 14 sesi. Dijadwalkan selesai pada tahun 2025 mendatang.