Politik

Posisi Ketua DPRD Dumai Berpindah dari Agus Purwanto ke Suprianto

Keterangan foto : pembukaan masa sidang paripurna DPRD Kota Dumai ketiga periode Mei-Agustus sekaligus pembacaan SK DPP PD terhadap pergantian kursi Ketua DPRD Kota Dumai dari Agus Purwanto kepada Suprianto.(hen)

DUMAI, RIAULINK.COM - Agus Purwanto terpaksa harus menyerahkan kursi jabatannya sebagai Ketua DPRD Kota Dumai kepada Suprianto sebagai koleganya di Partai Demokrat.

Kursi pimpinan yang didudukinya sejak 2019 lalu sesuai dengan terbitnya surat keputusan DPP Partai Demokrat nomor 50/SK/DPP.PD/IV/2022 tentang pergantian unsur pimpinan dalam hal ini Ketua DPRD Kota Dumai, Provinsi Riau, fraksi Partai Demokrat.

Pergantian tersebut disampaikan saat rapat paripurna penutupan masa sidang kedua yakni periode Januari-April tahun 2022 dan pembukaan masa persidangan ketiga periode Mei-Agustus tahun 2022 sekaligus penyampaian laporan masa reses dan kunjungan kerja DPRD Kota Dumai, Rabu (11/5/2022) di lantai II Gedung DPRD Kota Dumai.

Dalam sidang itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Mawardi sekaligus membacakan SK DPP PD yang juga dihadiri oleh Wali Kota Dumai, Paisal bersama Sekretaris Daerah Kota Dumai, Indra Gunawan.

Menurut Mawardi, pergantian tersebut juga berdasarkan surat DPD PD Provinsi Riau, nomor : 077/DPD.PD Riau/IV/2022 perihal pergantian unsur pimpinan Ketua DPRD serta surat DPC Partai Demokrat Kota Dumai nomor: 17/DPD.PD.DMI/IV/2022 tanggal 25 April 2022 perihal pergantian unsur pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi Partai Demokrat.

" Ketua DPRD yang semula dijabat saudara Agus Purwanto digantikan oleh saudara Suprianto. Sedangkan Ketua Fraksi Demokrat yang semula dijabat saudara Suprianto digantikan oleh saudara Rony Ganda Bakara,"sebut Mawardi.

Dikatakan dia lagi, adapun yang menjadi pertimbangan untuk dilakukan pergantian Agus Purwanto tersebut merujuk pada nota dinas Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat nomor 128/ND/BPOKK.PD/IV/2022 tanggal 8 April 2022.

Kemudian Surat DPD Partai Demokrat Provinsi Riau nomor 041/DPD.PD-Riau/III/2022 tanggal 9 Maret 2022, serta surat fraksi Partai Demokrat Kota Dumai nomor 03/F.Demokrat/2022 tanggal 3 Februari 2022 perihal tentang kinerja Agus Purwanto sebagai Ketua DPRD Kota Dumai.

Berdasarkan pertimbangan di atas, DPP Partai Demokrat memandang perlu untuk dilakukan evaluasi serta penyegaran kepemimpinan Ketua DPRD dan Ketua Fraksi di DPRD Kota Dumai.

Sementara Wakil Ketua I DPC Partai Demokrat Dumai, Afrianto Kurniawan yang dihubungi malam tadi menyebutkan pergantian posisi tersebut bagian dari penyegaran guna menghadapi agenda politik ke depan. 

"Hal itu bukan agenda luar biasa, dan di internal partai sudah sama-sama memahaminya. Terutama dalam menghadapi agenda politik kedepan, yang tentunya tidak ringan dan banyak tantangan,"ungkap Wawan sapaan akrabnya kepada wartawan melalui sambungan telepon selulernya.

"Dengan perombakan komposisi, kita berharap Partai Demokrat bisa lebih besar lagi,"sebutnya tegas.

Dikonfirmasi terpisah, Agus Purwanto mengaku legawa atau lapang dada dengan keputusan partai kepada-nya.

"Selaku kader, saya menghormati keputusan DPP,"ucapnya singkat.