Riau

Dicari, 34 Ribu Calon Tenaga Kerja Dari Riau Untuk Bekerja di Jepang

Bupati Siak, Syamsuar saat menjamu President & CEO DSJ Holdings Inc Japan, Izumi Hara, Pengusaha asal Jepang. (Fhoto: MRI/Riaulink)

SIAK, RIAULINK.com - President & CEO DSJ Holdings Inc Japan, Izumi Hara, Pengusaha asal Jepang jadi tamu istimewa Bupati Siak yang kini. Menjadi Gubernur Terpilih H Syamsuar di Komplek Abdi Praja Kediaman Bupati di Siak Sri Indrapura. Sang tamu yang tiba di Negeri Istana Kamis siang (24/01/19) itu,  membawa kabar baik perihal rencana kerjasama dibidang ketenagakerjaan di Provinsi Riau. 

Terhitung 1 April 2019 mendatang, perusahaannya yang berada Negeri Sakura itu akan membuka secara masif kesempatan kerja  bagi calon tenaga kerja produktif dan berkompeten dari berbagai negara termasuk Indonesia. 

Tak tanggung-tanggung, jumlah tenaga kerja yang di butuhkan mencapai angka 340 ribu orang. Wacana tersebut tentu jadi angin segar bagi putera-puteri Riau dan dimulai dari Kabupaten Siak, yang bercita-cita bekerja di luar negeri. 

Menanggapi positif tawaran tersebut,  Bupati Siak Syamsuar meminta dukungan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan bagi calon karyawan terlebih dahulu oleh perusahaan sebelum dikirim berkerja di jepang, pembekalan yang perlu diberikan kata Syamsuar misalnya pengenalan bahasa dan budaya kerja jepang. 

"Saya minta dukungan perusahaan untuk membekali pencari tenaga kerja kita dengan pembelajaran Bahasa serta budaya disana terlebih dahulu" sebutnya. 

Ia menekankan bahwa selain soal kesejahteraan,  calon karyawan juga perlu meniru budaya dan etos kerja orang jepang yang terkenal cinta budaya, disiplin dan pekerja keras, sehingga sekembalinya Riau dikemudian hari, jiwa disiplin dan pekerja keras itu juga turut terbawa pulang. 

Syamsuar membayangkan jika Riau kedepan bisa mengirim 10% saja dari kebutuhan yang diminta, tentu 34 ribu pencari kerja di Bumi Lancang Kuning akan terserap hanya untuk ke negara Jepang saja. Untuk itu Syamsuar ingin kabar baik ini segera disebarluaskan secara resmi. 

"Yang diminta bekerja disana nanti mulai dari tamatan SMK jurusan terkait hingga Sarjana yang sesuai kualifikasi dan berminat bekerja keluar negeri. Bagi yang berminat bersegeralah persiapkan diri. Kami sedang menunggu surat resmi secara tertulis agar segera bisa disebarkan kepada masyarakat secara luas" kata Syamsuar. 

Pemimpin Negeri Istana itu secara khusus juga memberi apresiasi karena yang membawa tamu istimewa dari Jepang itu juga anak Riau, yaitu Alexander Mulyadi Putra Kuansing yang saat ini dipercaya menjadi Direktur PT TBI milik perusahaan Jepang di Batam, Data wardhana dosen UIR, dan DR Husnul Kausarian alumni terbaik Chiba University Jepang.

"Memang hebat-hebat rupanya anak-anak Riau ini" kata Syamsuar terkagum-kagum. (MRI)