Serambi islam

Safari Ramadhan ke Rohul, Gubri: Mari Kita Jaga Tradisi Melayu

ROHUL, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan safari Ramadhan 1443H di Masjid Jami’ Al-Muawwanah Desa Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Senin malam (25/04).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Negeri Lancang Kuning itu menyebut bahwa Rohul termasuk kabupaten yang beruntung, karena telah didatangi dua kali oleh pihaknya. 

“Rohul ini beruntung karena sudah dua kali pihak kami datangi ke sini. Pertama Pak Wagub yang hadir safari ke sini dan hari ini saya yang hadir,” ucapnya.

Gubri menjelaskan, kegiatan safari ramadhan, selain menjalin silaturrahmi juga untuk menyampaikan pesan-pesan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Lalu, ia berharap dengan kehadiran dirinya akan meningkatkan kecintaan masyarakat kepada syiar keagamaan seperti membaca Al-Quran dan salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Syiar Al-Quran tetap selalu ada di negeri Melayu kita dan jangan lupa untuk syiar salawat juga diajarkan kepada anak-anak kita,” harapnya.

Gubri menambahkan bahwa syiar Al-Quran dan salawat merupakan ciri khas tradisi Melayu yang tidak boleh hilang di Negeri Riau. 

“Karena itu termasuk tradisi Melayu kita dan kami ingin menghidupkannya selalu supaya tak kan hilang Melayu di bumi," tegasnya.

Gubri mengungkapkan bahwa setiap desa saat ini telah diberikan bantuan keuangan untuk menyediakan guru tahfiz yang nantinya bertujuan melahirkan hafiz dan hafizah.

"Saya minta kita komit melaksanakannya," harap Gubri lagi.


Pada kesempatan yang sama, Gubri menyebut bahwa di Pekanbaru saat ini telah ada kegiatan remaja yang bernama Kumpulan Qori dan Qoriyah (Kuro) .

“Alhamdulillah, di Pekanbaru telah ada perkumpulan remaja yang bernama Kuro, yang merupakan Kumpulan Qori dan Qoriyah, memiliki tujuan ya untuk mensyiarkan Al-Quran," singkatnya.

Di tempat yang sama, Gubri juga menjelaskan bahwa untuk menyambut Idul Fitri tahun ini, pihaknya akan mengadakan Festival Lampu Colok Kreatif di Kota Pekanbaru.

Festival ini antar OPD di lingkungan Pemprov Riau dan kelurahan di Kota Pekanbaru 

“Lampu colok ini sudah diakui UNESCO menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Ini harus kita apresiasi. Makanya saya adakan festival ini untuk kita lestarikan bersama,” jelasnya.

Apresiasi Gubri

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu Sukiman menyampaikan apresiasi kepada Gubri dan rombongan yang telah menyempatkan waktu untuk kembali melakukan safari ramadhan ke Rohul.

Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada Gubri Syamsuar karena telah melaksanakan program rumah layak huni sebanyak sebelas unit untuk masyarakat Desa Kabun. 

“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Gubernur atas program-program Pemprov Riau yang telah diberikan pada Rohul," pungkasnya.