Metropolis

H-7 Lebaran Pemprov Riau Kebut Fungsional Ruas Jalan Cerenti-Air Molek

PEKANBARU, RIAULINK.COM - H-7 lebaran, Pemprov Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Jalan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas PUPR PKPP kebut fungsional Ruas Jalan Cerenti-Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu. 

Pengawasan pelaksanaan pekerjaan fungsional ruas Jalan Cerenti-Air Molek diawasi langsung oleh Kepala UPTJJ Wilayah IV, Sanusi, ST, MT. 

Dijelaskan dia, bahwa Gubernur Riau telah memberikan arahan terkait jalan rusak, pada saat rapat koordinasi terkait persiapan menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah. Rapat juga dihadiri Forkompinda dan Bupati/Wali Kota se Riau di Gedung Daerah Riau. 

"Pak Gubernur Riau Syamsuar meminta UPTJJ Dinas PUPR PKPP Riau untuk siaga selama mudik Lebaran, agar seluruh jalan yang akan dilewati para pemudik sudah fungsional sebelum lebaran," ujar Sanusi, Senin (25/4/2022). 

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTJJ wilayah IV  Ludfi Hardi, ST, MT menjelaskan, saat ini progres pelaksanaan fungsional ruas Jalan Cerenti-Air Molek sudah mencapai 90 persen. Panjang ruas jalan yang akan difungsionalkan sekitar 51 kilometer. 

"Target kami H-3 lebaran ruas Jalan Cerenti-Air Molek yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi sudah fungsional dan dapat dilewati oleh para pemudik," ucapnya. 

Terpisah sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar, pada Senin (25/4) menggelar rapat kordinasi di Pekanbaru. Rapat dihadiri Forkompinda dan para bupati/wali kota. Membahas persiapan menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah. 

Dalam rapat tersebut, sekaligus membahas mempersiapkan arus mudik agar lancar, baik berangkat maupun saat kembali.

Terkait jalan rusak, Syamsuar mengatakan, jika ia sudah meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas PUPR-PKPP Riau untuk siaga selama mudik Lebaran. 

"Saya juga sudah bilang bahwa UPT Dinas PUPR-PKPP Riau juga sudah standby, terutama peralatan dan material yang terpenting. Supaya nanti jalan provinsi yang rusak (berlubang) bisa segera ditutup, agar tidak membahayakan pengendara saat mudik Lebaran," terangnya. 

"Kemudian saya juga sudah minta ke Balai Jalan Nasional, untuk menutup jalan-jalan nasional yang berlubang. Karena kita lihat ada juga jalan nasional yang berlubang-lubang, terutama di daerah Rohil," sambungnya. 

Sedangkan terkait pengamanan, Gubri mengaku semua pihak sudah siap. Bahkan Polda Riau sudah mendirikan posko-posko pengamanan mudik. 

"Tadi juga didukung oleh pak Danrem, yang memerintahkan para Koramil untuk menyiapkan posko, sebagai posko tambahan selain posko yang sudah disiapkan oleh pak Kapolda Riau," tandasnya.