Peristiwa

Warga Bengkalis Kembali di Teror Harimau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Teror kembali terjadi, harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) untuk yang kesekian kalinya kembali meneror warga Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Kamis (21/4/2022) sore kemarin.

Kali ini, harimau Sumatera muncul di KM54 Desa Melibur, Kabupaten Bengkalis, Riau. Banyak di temukan jejak harimau di halaman rumah warga. 

"Tadi malam kan memang hujan lebat ya di sini. Jadi dini hari tadi diduga harimau ada melintas dekat rumah warga yang saat ini lagi heboh," ucap Kapolsek Pinggir Kompol Maitertika, Jumat (22/4/2022).

Lanjut Kapolsek menjelaskan, banyak jejak kaki harimau yang di mukan di sekitar rumah warga saat tim turun ke lokasi.

"Biasanya, harimau tersebut keluar pada sore hari, laporan dari pada warga sekitar mereka jika sore hari sudah ada di dalam rumah semuanya," jelasnya. 

Untuk anggota sendiri sudah turun ke lapangan, Kapolsek juga menghimbau agar warga sekitar lokasi yang jauh dari permukiman untuk dievakuasi, agar mencegah konflik. 

"Kita sudah minta warga dievakuasi dulu ke daerah yang lebih aman. Tadi sudah mulai dilakukan untuk sementara," katanya.

Sebelumnya, masyarakat di Bengkalis juga dibuat geger karena munculnya harimau di sekitar perkampungan. Balai BKSDA Riau menilai lokasi munculnya harimau adalah kawasan hutan lindung yang sudah dirambah.

Balai BKSDA terpaksa memutuskan untuk mengevakuasi harimau itu dari habitat aslinya, karena berpotensi besar konflik dengan manusia. Evakuasi harimau dari rumahnya dengan memasang perangkap diklaim sebagai upaya penyelamatan.