Ekonomi

Tahun 2022, Pemprov Riau Targetkan Program Peremajaan Sawit Rakyat 14.900 Hektar

???????SIAK, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menargetkan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Provinsi Riau ini seluas 14.900 hektar.

Syamsuar melaporkan, awalnya target Provinsi Riau untuk PSR ini dari tahun 2017 sampai 2021 seluas 109.097 hektar. Dengan angka realisasi tahun 2017 - 2021 seluas 31.319 hektar.

Gubri Syamsuar menjelaskan, terdapat tantangan dan kendala yang dihadapi Pemda saat ini dalam program PSR khususnya di Riau. Menurutnya, beberapa kendala tersebut seperti regulasi, legalitas lahan petani sawit, dan profil pekebun hingga adanya pandemi dan lain-lain.

"Oleh karena itu kami berharap dukungan semua pihak agar ini (program PSR) bisa tercapai, kami harapkan bisa melebihi target," ucapnya dalam acara penanaman perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) kemitraan strategis Kampung Libo Jaya, Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Kamis (24/2/2022).

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan untuk tingkat pusat, program PSR pada tahun ini ditargetkan mencapai 180.000 hektar.

Ia mengungkapkan, komoditi sawit harus terus didorong karena memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Sawit menjadi salah satu produk andalan dari Riau dan secara keseluruhan sawit adalah andalan nasional," tutupnya.