Metropolis

Gubri: Perlu Keberanian dan Kreatifitas Untuk Membangun dan Melayani Masyarakat

KAMPAR, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi, Ahad (06/02/2022) menghadiri Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kampar dalam rangka Hari Jadi ke-72 Kabupaten itu.

Dalam sambutannya Gubri mengatakan perlunya keberanian dan kreativitas semua pihak dalam menggerakkan roda pembangunan di masa pandemi covid-19 saat ini. Hal ini bertujuan agar perekonomian masyarakat dapat segera bangkit.

"Dengan adanya pandemi saat ini kita harus berani berinovasi dan kreatif dalam menggerakkan berbagai sektor dan melaksanakan pembangunan agar perekonomian dapat segera bangkit. Kita dituntut mampu memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang ini," ucap Gubri.

Lebih lanjut Gubri menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini Pemprov Riau telah mengalokasikan anggaran untuk Kab Kampar untuk berbagai sektor

"Tahun 2022 ini Pemprov Riau telah mengalokasikan anggaran untuk kabupaten kampar yang diperuntukkan pembangunan infrastruktur, pendidikan, beasiswa, kesehatan, bantuan kecamatan dan desa yang sudah berlangsung dari tahun 2019 lalu, pembangunan rumah layak huni, pemberdayaan sosial, serta pengembangan pariwisata, pertanian dan peternakan," papar Gubri di hadapan pimpinan dan anggota DPRD Kampar serta hadirin yang hadir pada sidang paripurna itu.

Sebelumnya Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH mengatakan bahwa pandemi telah menyebabkan Kab Kampar kehilangan Rp 445 miliar lebih dana bagi hasil (DBH) untuk daerah itu akibat adanya regulasi terkait penanganan pandemi dari pemerintah pusat.

"Adanya kebjikan TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan  telah menyebabkan Kabupaten Kampar kehilangan Rp 445 miliar lebih dari DBH," ucap Catur. 

Namun, lanjutnya, dengan kondisi yang sulit itu, Pemkab Kampar terus berusaha maksimal melaksanakan pembangunan dan melayani masyarakat.

"Dengan berbagai kesulitan itu, Pemerintah terus berusaha maksimal melakukan tugas melayani masyarakat. Begitu pula berbagai stakeholder lainnya menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing agar pembangunan daerah dapat terus berlangsung," lanjutnya.

Sementara itu, Mantar Gubernur Riau yang juga pernah menjadi Bupati Kampar H Saleh Djasit dalam sambutannya mewakili tokoh masyarakat Kampar menyebutkan bahwa pembangunan di daerah yang pernah dipimpinnya selama 2 periode itu jauh berkembang. Dari sebuah daerah yang sepi menjadi ramai dan maju.

"Dulu saat Saya menjabat di sini sangat sepi. Listrik di rumah-rumah penduduk nyala bergantian. Dulu jalanan sepi, sekarang sudah sangat ramai, bahkan sebagian sudah macet. Berbagai fasilitas mendasar dan penting untuk masyarakat hampir semuanya telah terpenuhi. Semuanya berkat kepemimpinan daerah yang berkesinambungan. Hal ini perlu disyukuri agar Allah tambah karunianya untuk daerah ini," ucap Jendral (purn) bintang satu ini.

Sidang Paripurna dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kab Kampar Tony Hidayat, SE dan dihadiri oleh seluruh anggota. Selain itu tampak hadir Pimpinan Kabupaten/Kota yang ada di Riau, Forkopimda, Anggota DPR dan DPD RI, Mantan Bupati/Wakil Bupati dan Sekda Kampar serta tamu undangan lainnya yang mengikuti secara langsung dan virtual. Adapun tema yang diusung pada Hari Jadi ke-72 Kab Kampar ini adalah "Vaksin Tuntas, Kampar Sehat, Ekonomi Bangkit".