Sosial

Gelar Donor Darah, Pertamina Berhasil Kumpulkan 307 Kantong 

Keterangan foto: kegiatan donor darah yang diselenggarakan Pertamina Dumai.(bem)

DUMAI, RIAULINK.COM - Dalam rangka memeriahkan Bulan Gerakan Nasional (Gernas) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menyelenggarakan kegiatan donor darah selama dua hari Selasa, 25 Januari 2022 dan Rabu, 26 Januari 2022 di lobby main office.

Kegiatan donor darah yang mengusung tema “Be Hero Donate Blood Safe Life” tersebut dibuka oleh Manager Health, Safety, Security, and Environtment (HSSE) RU II, Oky Wibisono, dan dihadiri pula oleh General Manager RU II, Permono Avianto, Manager HC, Humaina, Manager OPI, Ririanti Safrida, Area Manager Legal Counsel, I Ketut Putra Arimbawa, serta Section Head Health, Maria Theresa. 

Kegiatan ini terbuka bagi seluruh pekerja maupun tenaga penunjang di lingkungan PT KPI RU Dumai.

Oky mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara menyambut Bulan Gernas K3 di lingkungan PT KPI RU Dumai.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara PT KPI RU Dumai dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Melalui donor darah, lanjut Oky, sadar atau tidak sadar, telah menjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor.

“Setiap tetes darah yang kita sumbangkan, tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya,”ungkapnya.

Selama dua hari kegiatan donor darah ini berhasil mengumpulkan 307 kantong darah dari target awal sebanyak 250 kantong. 

Selanjutnya, kantong darah ini akan dimanfaatkan oleh PMI untuk membantu orang yang membutuhkan.

Selain donor darah, dikesempatan yang sama PT KPI RU Dumai juga menyediakan layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) HIV bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Kegiatan ini bertujuan untuk skrining dini, sosialisasi dan edukasi pengetahuan tentang HIV. 

Tes dilakukan kepada 155 orang sukarelawan baik dari pekerja maupun mitra kerja melalui proses konseling terlebih dahulu.

“Kami berterima kasih kepada semua peserta atas antusias dan partisipasinya dalam mengikuti kegiatan donor darah ini. Sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Be Hero Donate Blood Safe Life”, kita semua bisa menjadi pahlawan bagi sesama dengan donor darah,” tutupnya.