Nasional

Daftar Proyek Infrastruktur yang Dijanjikan di Ibu Kota Baru

Presieden RI, Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).

RIAULINK.COM - Pemerintah gemar memulai projek-projek pembangunan infrastruktur masif di sekitaran wilayah Ibu Kota Baru atau Ibu Kota Negara (IKN).

Antara lain, pembangunan tol bawah air dan lahan peluncuran roket SpaceX yang sudah diidam-idamkan Elon Musk lewat Bappenas.

Berikut daftar proyek infrastruktur tersebut:

1. Istana Negara IKN Nusantara

Yang pertama tentu saja adalah proyek inti dari pemindahan ibu kota baru, yakni istana negara yang akan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Rancangan desain final Istana Negara saat ini dirancang oleh seniman patung I Nyoman Nuarta. Desain itu disebut sudah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah delapan kali revisi.

Desain istana terpilih menyerupai burung garuda, dengan posisi gedung berada di atas bukit dengan ketinggian 88 mdpl dan tinggi sayap garuda mencapai 170 meter.

Ketua IAI Nasional Georgius Budi Yulianto mengungkapkan kriteria bangunan publik tidak hanya mengandalkan bentuk dan estetika. Bangunan publik harus memenuhi kriteria lainnya mulai dari keamanan hingga kesehatan bangunan.

Dana untuk pembangunan mencakup kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) seluas sekitar 6.000 hektareitu diminta oleh Kementerian PUPR sebesar Rp46 triliun.

"Saat, ini kami sedang menyusun, sudah diusulkan ke Menteri Keuangan kira-kira 2022 sampai 2024. Untuk KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), yaitu untuk kantor presiden, wapres, DPR/MPR, jalan, air baku, air minum, listrik itu sekitar Rp46 sekian triliun ini sudah disampaikan kepada menteri keuangan," kata Basuki pada Rapat Kerja Komisi V dengan Menteri PUPRI RI Selasa (25/1).

2. Tol Bawah Air

Kementerian PUPR berencana membangun tol bawah air di ibu kota baru. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan terowongan bawah air itu akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Terkait dengan lokasi untuk terowongan penyeberangan bawah air yang akan tersambung dengan jalan tol Samarinda-Balikpapan tersebut, Kementerian PUPR sedang menyiapkan perencanaan teknis terincinya atau Detail Engineering Design (DED).

Namun, rencana ini masih mentah. Belum ditentukan lokasi tol bawah air yang akan tersambung ke ibu kota baru itu.

"Nanti akan ada satu tempat, di situlah pada saat menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air," terang dia.

3. Lahan SpaceX

Terakhir, ada permintaan SpaceX untuk membuat tempat peluncuran pesawat terbang di IKN Nusantara.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut SpaceX, perusahaan penerbangan luar angkasa asal AS, meminta agar ibu kota baru menyediakan tempat peluncuran pesawat terbang berkecepatan tinggi. IKN rencananya terletak di Kalimantan Timur.

Ia menyebut permintaan tersebut dilayangkan lantaran lokasi ibu kota yang tepat berada di garis ekuatorial atau khatulistiwa. "Mereka melihat bahwa kekayaan khatulistiwa salah satunya adalah untuk peluncuran itu," tutur Suharso.

Dengan meletakkan landasan pesawat terbang tersebut, Suharso mengklaim penerbangan dari Indonesia menuju AS hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam.

Selain di ibu kota baru, sambung Suharso, perusahaan besutan miliarder Elon Musk tersebut juga meminta Pulau Biak di Provinsi Papua menjadi tempat landasan pesawat terbang kecepatan tinggi tersebut.