Nasional

Gempa Magnitudo 4,6 di Lombok Barat Terasa hingga Bali

RIAULINK.COM - Gempa bumi tektonik magnitudo 4,6 mengguncang Lombok Barat pada Selasa (25/1), pukul 04.14 WIB atau pukul 05.14 Wita. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4,6 ini terletak pada episenter koordinat 8,78 derajat LS, 116,14 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 kilometer tenggara Lombok Barat, NTB pada kedalaman 10 kilometer.

Sejumlah warga berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri ketika gempa terjadi.

"Saya tadi lagi salat, sedang raka'at kedua, tiba tiba kaca jendela dan tembok kamar saya bergetar dan bergemuruh, saya langsung lari keluar rumah, bersama keluarga" kata Gina, warga Montong Sari Gerung, Lombok Barat.

Gempa bumiMataram dan Lombok Barat ini terasa hingga ke Pulau Bali. Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Barat dengan kategori IV MMI.

Sementara getaran di Denpasar, Badung, Karang Asem, Padangbai, Gianyar, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur,masuk kategori III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Namun hasil monitoring BMKG menunjukkan 1 aktivitas gempa susulan (aftershock) pukul 05;47 Wita,

Masyarakat diimbau agar tetap waspada, dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sserta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.