Peristiwa

Pria Sembunyi di Roda Pesawat 11 Jam Perjalanan dari Afrika ke Belanda

Ilustrasi pesawat. (Barn Images)

RIAULINK.COM - Seorang pria penumpang gelap bersembunyi di roda hidung pesawat kargo yang menempuh perjalanan 11 jam dari Johannesburg, Afrika Selatan, ke Belanda.

Juru bicara Bandara Schipol, Willemeike Koster, mengatakan bahwa staf lapangan menemukan pria itu setibanya pesawat di Belanda.

"Kami mengetahui orang itu ditemukan bersembunyi di pesawat kargo di platform kargo bandara, pagi ini," kata Koster kepada CNN.

Koster juga mengungkapkan, Kepolisian Belanda tengah menangani kasus ini.

Menurutnya, penumpang gelap itu merupakan seorang pria yang diperkirakan berumur 16 sampai 35 tahun.

Juru bicara Kepolisian Bandara, Joanne Helmonds, mengatakan bahwa saat ditemukan, pria itu hidup, tetapi suhu tubuhnya rendah.

"Kami kaget menemukan pria ini, tetapi semakin kaget menemukannya hidup setelah pesawat terbang sejauh 10.000 (kilometer) di suhu yang sangat-sangat dingin," ujar Helmonds.

Helmonds juga menuturkan pria ini telah diselamatkan dan distabilkan di bandara. Pria ini lalu dilarikan ke sebuah rumah sakit di Amsterdam.

"Saat pria itu sudah sembuh dan diizinkan pergi oleh rumah sakit, ia akan diproses di Pusat Pencari Suaka (AZC), di mana statusnya akan ditentukan jika dia memang mencari perlindungan," tuturnya.

Hingga kini, belum diketahui pasti seberapa lama pria itu bertahan di roda pesawat. Waktu penerbangan antara Johannesburg dan Amsterdam sendiri rata-rata mencapai 11 jam. Jika pesawat ini singgah di Kenya, waktu penerbangan akan menjadi lebih lama.

Pihak maskapai pemilik kargo asal Luksembourg tersebut, Cargloux, menolak berkomentar atas informasi ini sampai proses penyelidikan selesai.