Budaya

Promosikan Destinasi Dumai, Pemko Kembali Aktifkan Medsos dan Website Disparpora

DUMAI, RIAULINK.COM - Dalam mewujudkan visi dan misi Kota Dumai sebagai kota yang unggul dan idaman, Pemerintah Kota Dumai berkomitmen memajukan Dumai di berbagai sektor salah satunya kepariwisataan demi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Diketahui posisi Dumai terletak di wilayah barat Indonesia atau tepatnya di pantai pesisir timur Pulau Sumatera, dan wilayahnya cukup strategis apalagi berdekatan dengan Negeri Jiran Malaysia. 

Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sebagai salah satu langkah pintu masuk bagi wisatawan. Hal ini diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Kota Dumai, R Dona Fitri Ilahi kepada wartawan di ruang kerjanya.

Sebagai langkah pertama yang dilakukan Dona setelah sebulan ditunjuk sebagai pelaksana tugas Kadisparpora Dumai adalah mengaktifkan kembali akun media sosial dan website Disparpora Dumai.

"Media promosi pariwisata yang sempat tidak aktif seperti Instagram, Facebook dan website akan kita aktifkan lagi. Promosi wisata akan kita maksimalkan karena di era digitalisasi, potensi promosi via sosmed dan website berpeluang besar untuk menarik wisatawan,"terang dia menimpali.

Dalam upaya promosi disertai pelayanan bagi para turis, Dona akan mengaktifkan tourism information center (TIC) dengan melibatkan kelembagaan atau kelompok penggiat pariwisata yang saat ini dalam proses penetapan surat keputusan (SK) Wali Kota Dumai.

"Bila SK sudah diterbitkan, kita akan siaga di TIC. Jadi fungsinya selain memberikan informasi ada juga petugas tour guide (pemandu wisata) untuk memfasilitasi turis yang datang ke Indonesia,"ucapnya lagi.

Selain memantapkan media promosi, pihaknya juga akan fokus melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang ada di Taman Bukit Gelanggang (TBG) bakal alun-alunnya Kota Dumai.

"Bahkan kita juga akan menggelar pentas seni setiap malam Ahad yang nantinya akan diisi oleh 18 suku atau paguyuban serta para komunitas yang ada  di Kota Dumai,"katanya lagi.

"Di TBG kan sudah dibangun Kampung Koeliner, jadi sangat pas sekali, di saat para wisatawan menikmati kuliner di Kampoeng Kuliner sembari ditemani hiburan dari pentas seni yang akan kita hadirkan,"sebutnya mengakhiri.