Hukrim

Kapolda Riau Ajak GP Ansor Bersinergi Menjaga Negeri

Ngopi Bareng Kapolda Riau dengan jajaran PW GP Ansor Riau, Senin (24/1/2022), di Rumah Toleransi GP Ansor Riau jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH mengajak jajaran Gerakan Pemuda Ansor di Provinsi Riau untuk saling bersinergi dan mendukung pihaknya dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian.

Hal tersebut disampaikan Kapolda dalam acara Ngopi Bareng dengan jajaran PW GP Ansor Riau, Senin (24/1/2022), di Rumah Toleransi GP Ansor Riau jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru. Pertemuan yang berlangsung santai tersebut mengangkat tema "Sinergi Polri dan Ansor untuk menjaga negeri".

Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan hampir sebulan dirinya mengemban amanah sebagai Kapolda dan telah menjalin silaturahim dengan berbagai lapisan masyarakat.

"Tolong dukung saya, doakan dan sinergi. Silaturahim dan kerja sama yang telah dijalin semasa Kapolda Riau sebelumnya Pak Agung Setya Imam Effendi, juga akan saya lakukan. Semangatnya tetap sama yakni saling membantu, saling mengisi dan saling menguatkan," kata Kapolda.

Iqbal mengatakan, Indonesia sangat beragam dengan berbagai suku, agama, budaya, dan adat istiadatnya. Akan tetapi jika kekayaan bangsa ini tidak dikelola dan dirawat ini akan menjadi ancaman bagi bangsa. 

"Salah satu unsur elemen masyarakat itu adalah Ansor. Ini menjadi kekuatan yang sangat luar bisa bagi kami di kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Untuk itu Ansor dan mesin-mesinnya sangat penting bagi kami untuk kami gandeng dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian. Bertemanlah dengan kami dalam tim besar Polda Riau," ajak Iqbal lagi.

Sementara itu, Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji, menjelaskan bahwa Rumah Toleransi yang menjadi base camp GP Ansor Riau tersebut baru saja selesai dibangun bahkan belum sempat diresmikan. 

Ia mengatakan bangunan tersebut dibangun dalam waktu singkat yakni hanya dalam waktu 4 bulan dengan anggaran Rp1,3 miliar. Ini menjadi kebanggaan mereka karena ini merupakan gedung pertama yang dibangun bertingkat yang dibangun PW GP Ansor di Indonesia.

Namun, dibalik kesuksesan membangun gedung di komplek kantor PWNU Riau tersebut, ada peran besar Polda Riau khususnya Kapolda sebelumnya Imam Setya Effendi yang membantu menggalang dana pembangunan sehingga terkumpul Rp1,1 miliar hanya dalam dua jam. 

"Ini adalah sinergitas antara GP Ansor Riau dengan Polda. Ini saya sampaikan bahwa selama ini Ansor menjadi mitra strategis dan dekat dengan Polda Riau," jelasnya. 

Purwaji mengatakan pihaknya siap bersinergi dan komunikasi yang baik dengan Kapolda, sebab di Riau ada sebanyak 10 ribu kader di 12 cabang. Kader ini telah mengikuti pelatihan dan Diklat.

"Ini merupakan potensi yang sangat besar. Semua ini kami wakafkan  bersama-sama Polda Riau untuk mengawal NKRI khususnya Provinsi Riau yang kita cintai ini," kata Purwaji lagi.

Pada kesempatan itu Purwaji mengatakan aula Agung Setya Imam Effendi di lantai satu Kantor Ansor  dijadikan ruang publik dan bisa digunakan oleh masyarakat lintas agama ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi.

Hadir dalam kesempatan tersebut sesepuh PWNU Riau, pengurus PW GP Ansor Riau, pimpinan pondok pesantren, serta jajaran Polda Riau.