Nasional

328 Pati TNI Dimutasi, Menantu Luhut Jabat Pangkostrad

Sebelum menjabat sebagai Pangkostrad, Maruli menjabat sebagai Pangdam IX Udayana. (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

RIAULINK.COM - Mayor Jendral TNI Maruli Simanjuntak resmi diangkat menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) oleh Panglima TNI Jendral Andika Perkasa.

Maruli diketahui merupakan menantu Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Posisi Pangkostrad memang telah lama kosong sejak Jendral TNI Dudung Abdurachman diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 17 November 2021 lalu.

Sebelum menjabat sebagai Pangkostrad, Maruli menjabat sebagai Pangdam IX Udayana.

Setelah resmi menjabat sebagai Pangkostrad, Maruli yang saat ini bergelar Mayor akan menerima kenaikan bintang tiga.

"Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," dalam keterangan Puspen TNI, Sabtu (22/1).

Pusat Penerangan TNI mengatakan, selain Maruli 10 perwira tinggi bintang tiga lainnya juga mengalami mutasi. Selain itu ada 326 perwira tinggi yang juga dimutasi.

Mutasi ini berdasar pada Surat Keputusan Jabatan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditanda tangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Jumat (21/1) malam.

"Dari 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI diamanatkan dalam Perpres no. 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI seperti komando armada TNI AL, komando operasi udara nasional TNI AU, pusat psikologi TNI, pusat pengadaan TNI dan pusat reformasi birokrasi TNI," kata Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa.

Sebanyak 10 jabatan perwira tinggi bintang tiga yang dimutasi dalam keputusan panglima TNI tersebut diantaranya adalah Letjen TNI Bakti Agus Fajari yang akan mengisi jabatan Danjen Akademi TNI.

Kemudian tertulis jabatan Wakasad jua akan diisi oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto yang sebelumnya menjabat Pangdam Siliwangi. Agus artinya akan mendampingi Jenderal Dudung Abdurachman memimpin TNI Angkatan Darat.