Budaya

Puncak Hajatan Festival Gunung Sahilan 2022 Resmi Digelar

KAMPAR, RIAULINK.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, menghadiri puncak hajatan Festival Gunung Sahilan 2022 yang resmi di gelar di Komplek Istana Darussalam Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, Sabtu (22/1/2022).

Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai acara, mulai dari kegiatan penabalan perangkat kerajaan dan laskar dubalang panglima kerajaan dan Haul mengenang raja-raja terdahulu, makan bajambau serta kegiatan lainnya.

Untuk rangkaian acara peringatan lima tahun penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, yang dituangkan melalui pelaksanaan pekan kegiatan Masyarakat Festival Gunung Sahilan Tahun 2022 telah dimulai sejak tanggal 5 Januari 2022 lalu.

Wagubri menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap, kegiatan ini dapat mengangkat kembali kearifan lokal serta mempererat tali persaudaraan masyarakat di Provinsi Riau, khususnya di wilayah Kampar Kiri Gunung Sahilan dalam memupuk semangat kebangsaan dan kesadaran nasionalisme antar generasi.

"Atas nama Pemprov Riau kami mengapresiasi kegiatan ini, sebagai wadah dalam memberikan alternatif hiburan yang kreatif dan bernilai ekonomi bagi masyarakat," ucapnya. 

Kemudian, Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Tengku H Muhammad Nizar mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas kelancaran acara tersebut. Ia menjelaskan, kedepannya pihaknya akan menggelar berbagai kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kearifan lokal.

"Kita gelar setiap tahun, memperebutkan piala raja. Kemudian selain itu kita juga akan menaikkan kearifan lokal seperti tari-tarian, gendang Ogung dan lainnya yang menjadi ciri khas lah," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Festival Gunung Sahilan 2022, Syahrozie mengatakan kegiatan ini adalah serangkaian acara kegiatan masyarakat dalam rangka memperingati 5 tahun Penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sekaligus penabalan perangkat kerajaan dan laskar dubalang panglima kerajaan dan Haul mengenang raja-raja terdahulu.

Ia mengharapkan, kegiatan tersebut dapat meningkatkan peran dan pertumbuhan industri jasa, pariwisata dan khususnya wisata sejarah yang banyak dimiliki daerah Riau khususnya wisata sejarah kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan. 

Syahrozie menambahkan, adapun tujuan kegiatan ini adalah mempererat tali persaudaraan sesama warga di wilayah Riau dan Kampar Kiri, memeriahkan ulang tahun kelima Penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sebagai institusi adat yang merupakan perwujudan kearifan lokal masyarakat Kampar Kiri.

Selanjutnya, melestarikan adat dan budaya dan minat masyarakat terhadap kesenian tradisional Kampar Kiri, mendukung kelestarian tradisi dan kearifan lokal di Kampar Kiri. Kelima mengangkat dan mengenalkan potensi wisata sejarah selain potensi wisata alam di Kampar Kiri serta membangun kreativitas dan kebersamaan di masyarakat.

"Kegiatan ini juga bertujuan memupuk jiwa sportifitas dalam kegiatan lomba yang diselenggarakan, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara masyarakat yang ikut berpartisipasi dan mendukung program wisata Ayo ke Riau yang telah dicanangkan Pemerintah Provinsi Riau.