Lingkungan

Hadapi Musim Panas, Pemcam dan Polsek Rangsang Barat Siaga Karhutla

MERANTI, RIAULINK.COM - Pemerintah Kecamatan bersama Polsek Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (21/1/2022) pagi, bertempat di halaman Kantor Camat, Desa Bantar, melaksanakan upacara kesiap-siagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Upacara tersebut dipimpin Camat Wan Fakhriarmi SSos, dengan dihadiri Kapolsek Rangsang Barat IPTU JA Lubis SH MH, Babinsa  Serka E Sembiring, Sekcam Jefri, Kasi Pemerintahan M Nurul Amin, Kasi PMD Fauzan. Kepala Desa se Kecamatan Rangsang Barat, Personil Polsek dan Satpol PP setempat, serta Masyarakat Peduli Api (MPA) dari masing-masing desa di wilayah itu.

Dalam arahannya, Camat Wan Fakhriarmi menyampaikan pihaknya akan terus membangun sinergi bersama semua unsur yang ada di wilayahnya.Terutama kerjasama dari pihak kepolisian dalam menjalankan dan menangani berbagai hal, seperti Karhutla.

"Terkait waspada Karhutla ini, kita minta setiap Kades di Rangsang Barat siaga dan gencar mengimbau warganya agar tidak sembarangan membakar lahan. Sebab saat ini musim panas, rawan terjadi kebakaran," pesannya.

Sementara itu, Kapolsek Rangsang Barat IPTU JA Lubis, saat melakukan pengecekan peralatan pemadam kebakaran menyampaikan kepada MPA masing-masing desa agar waspada Karhutla. Mengingat saat ini kondisi cuaca panas dan angin kencang, dapat memicu terjadinya kebakaran. 

"Kita berharap MPA dapat bekerja ekstra dalam melakukan pencegahan Karhutla di wilayah masing-masing. Sering lakukan patroli dan memberikan himbauan larangan membakar hutan kepada masyarakat," harap sekaligus imbaunya. 

Selain itu, bagi Kepala Desa (Kades) dan MPA sekiranya menyiapkak segala sesuatu peralatan pemadam, seperti mesin, kelengkapan perorangan MPA dan lain sebagainya.