Serambi islam

Bertemu Ustaz Dari Timur Tengah, Gubri Bahas Quran Center Riau

Gubernur Riau Syamsuar saat berbincang dengan tiga ustaz dari Timur Tengah.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri), Drs. H. Syamsuar, M.Si bertemu dan menjamu makan malam bersama Ustaz dari Timur Tengah yaitu, Arab Saudi, Mesir, dan Yaman di Kediaman gubernur Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Kamis (20/1/2022) malam. 

Kehadiran Ustaz dari Arab Saudi, Mesir dan Yaman itu ke Riau adalah dalam rangka kunjungan Dewan Al-Quran di Arab Saudi terkait Pelatihan Intensif Guru Al-Quran di Gedung SDIT Al-Fikri besok. 

Adapun ustaz yang hadir tersebut ialah Syaikh Ghiyast Abdul Baaqi Asy Syaariqi, Syaikh Muhammad Mahmud Abdul Aziz Abdul Qaadir dan Syekh Ramadhan Abdul Kariim Abdul Fattaah. 

Sebelum makan malam, Gubernur Riau beserta Ustaz dari Arab Saudi, Yaman dan Mesir tersebut terlebih dahulu sholat isya berjamaah di Mushala Kediaman Gubernur Riau. Sholat isya tersebut dipimpin oleh Imam Ramadhan Abdul Kariim Abdul Fattaah.

Setelah selesai sholat isya, dilanjutkan makan malam bersama sekaligus bincang-bincang oleh Gubernur Riau bersama para ustaz. 

Gubernur Riau, Syamsuar menyambut baik kedatangan Ustadz dari Arab Saudi, Mesir dan Yaman tersebut dan mengucapkan terima kasih atas kedatangannya ke Provinsi Riau. 

"Saya menyambut baik kedatangan para Syaikh ini dalam rangka silaturahmi yang semoga membawa berkah bagi Provinsi Riau," ujar Syamsuar. 

Syamsuar juga memperkenalkan sekilas tentang Provinsi Riau. Ia mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang membangun Quran Center Riau sebagai pusat studi dan riset Al-Quran. Diharapkan dengan adanya Quran Center ini dapat melahirkan pengafal Al-Quran, qori dan qoriah berprestasi. 

"Saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang membangun Quran Center, sebagai pusat studi dan riset Al-Quran. Semoga dapat melahirkan para tahfiz berprestasi di Riau," paparnya.

Selain itu, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan niat baiknya untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran di Riau. Agar anak-anak Riau, yang lulus SMA/Sederajat atau Pondok Pesantren dapat melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi bidang ilmu Al-Quran. 

Ditempat yang sama, Syaikh Ghiyast Abdul Baaqi Asy Syaariqi, mengatakan, bahwa mereka mendukung program Gubernur Riau dibidang Ilmu Al-Quran dan mereka siap untuk membantu program-program Gubernur Riau itu. Baik dari segi program, pembangunan fisik, serta kerjasama terkait program dibidang tahfiz atau penghafal Al-Quran di Riau. 

"Mereka datang mengunjungi Bapak Gubernur untuk memberikan dukungan kepada apa yang Bapak Gubernur telah dilakukan, yaitu dibidang Tahfiz Al-Quran kemudian Quran Center," kata Ustaz Rasyid usai mendampingi sekaligus menjadi penerjemah bagi para ustaz tersebut.

Saat Syaikh Ghiyast Abdul Baaqi Asy Syaariqi berdiskusi dengan Gubernur Riau, Syamsuar terkait Quran Center tersebut, menurut Ustaz Rasyid juga sempat dibahas peluang dan kemungkinan kerja sama dibidang tersebut. 

Ia berpesan agar Pemerintahan Provinsi Riau menyiapkan kader-kader penghafal Al-Quran dari Riau. Agar sejalan antara infrastruktur dan sumberdaya manusianya. Karena, bantuan itu tidak hanya fisik, namun juga program-program serta sinergi jaringan. 

Pada kesempatan itu juga Gubernur dan Ustaz dari Arab Saudi, Mesir dan Yaman saling bertukar cenderamata. Gubernur Riau, Syamsuar memberikan miniatur pacu jalur khas Kabupaten Kuantan Singingi Riau. Sedangkan Syaikh Ghiyast Abdul Baaqi Asy Syaariqi memberikan ukiran kaligrafi, buku sahabat Rasulullah yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia serta buku Al Azhar International Islamic Boarding School.

Turut hadir pada jamuan makan malam tersebut Karo Kesra Zulkifli Syukur, Kepala Bagian Bina Mental (Kabag Bintal) Biro Kesra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau Sofwan Muhajir, Ustaz Rasyid, Ustaz Fajeriansyah, serta undangan yang hadir.