Internasional

Enigma, Berlian Hitam Terbesar di Dunia yang Beratnya 555,55 Karat

Enigma, berlian hitam terbesar di dunia. (Twitter/@sothebys)

RIAULINK.COM - Selama ini berlian identik dengan kejernihannya yang berkilau. Tak banyak yang tahu, berlian hitam juga eksis di dunia dan bahkan pesonanya mengalahkan berlian-berlian pada umumnya.

Menyadur The National News Selasa (18/1/2022), Enigma, berlian hitam mewah terbesar di dunia dipamerkan saat ini di Sotheby, Dubai International Financial Centre.

Berlian Enigma yang langka ini beratnya 555,55 karat dan memiliki 55 segi. “Berlian hitam Carbonado sangat tua,” kata Sophie Stevens, spesialis perhiasan di Sotheby's Dubai, kepada The National.

“Kami memperkirakan usianya sekitar 2,6 hingga 3,8 miliar tahun dan kami percaya mereka berasal dari luar angkasa.”

"Berlian putih dan berlian berwarna lain biasanya ditemukan di batuan Kimberlite dan muncul ke permukaan bumi melalui letusan gunung berapi. Tapi berlian hitam Carbonado ditemukan di endapan aluvial sedimen, yang artinya terbawa oleh air, seperti sungai. Mereka ditemukan mendekati permukaan bumi."


Menurutnya, berlian Carbonado diketahui hanya ada di Brasil dan Republik Afrika Tengah, yang mendukung teori bahwa batuan ini adalah hasil tabrakan meteorit dengan bumi miliaran tahun lalu.

"Dalam pikiran kami adalah asteroid bertabrakan dengan Bumi dan menciptakan deposisi uap kimia yang membentuk berlian ini, atau berlian ini adalah bagian dari meteorit saat bertabrakan dengan Bumi," jelas Stevens.

Berlian hitam terbesar di dunia ini akan dijual dalam lelang online satu lot antara 3 hingga 9 Februari. “Karena berlian hitam tak sering terlihat di pasar, hanya ada sedikit contoh masa lalu di pelelangan,” kata Stevens.

"Salah satu yang terakhir dilelang adalah tahun 2001 dan itu adalah batu yang jauh lebih kecil dengan 33 karat, sementara yang ini 555,55,” ujarnya.

Sotheby's menerima cryptocurrency khusus untuk berlian hitam yang langka ini. “Kami biasanya tidak menerima kripto dalam segala hal. Tapi untuk batu yang terpilih dan unik, kami melakukannya."

"Tahun lalu di Hong Kong, dengan berlian Key, berlian berbentuk buah pir D dengan berat 101,38 karat dan dibayar dalam mata uang kripto."

Enigma ditemukan sebagai batuan kasar tahun 1990-an oleh pemiliknya saat ini, yang kemudian dipotong menjadi bentuknya sekarang, yang terinspirasi oleh Hamsa, tanda kekuatan, perlindungan dan kekuatan.