Lingkungan

Waspada Banjir, Hari Ini Hujan Masih Berpotensi Mengguyur Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau hari ini Selasa (18/1/2022).

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau," ujar Yudhistira Mawaddah, Selasa (18/1/2022).

Ia mengatakan pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru.

"Siang hingga sore hari potensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Riau," cakapnya.

Malam hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan. "Namun dini hari potensi terjadi hujan dengan intensitas ringan di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir," sebutnya.

Lanjut Yudhistira, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu pada pagi dan siang hari," pungkasnya

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 50 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Utara – Timur dengan kecepatan 10 – 40 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).