Serambi islam

Hadiri Silaturrahmi Qurra' Riau, Ini Harapan Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar, menghadiri acara Silaturahmi Qurra' Riau (SQR) di Masjid Ath-Thayibah, Jalan Cemara Ujung, Gobah, Pekanbaru, Jumat malam (14/1/2022).

Sebelum acara dimulai, Syamsuar berserta jamaah Masjid Ath-Thayibah terlebih dahulu salat Isya berjamaah, dengan imam Al-Ustaz Indra Gunawan, S.Th.I dari Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu. 

Acara diawali dengan membaca Ayat Suci Al-Quran oleh Ustaz Indra Gunawan yang merupakan Qori Terbaik 1 Majelis Tilawatil Qur'an di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2005. Kemudian pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Mawaddah Warahmah, Qoriah Juara 1 Antar Bangsa Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) di Kuala Lumpur tahun 2021 secara virtual. Diakhiri Qori Hamdani Rosyidi yang merupakan juara 3 pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Internasional Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang dilaksanakan di Aceh Tahun 2021 lalu. 

Dalam sambutannya, Syamsuar mengucapkan terimakasih kepada panitia atas jemputannya, sehingga ia dapat hadir dalam kegiatan tersebut. 

Pada kesempatan itu,  Syamsuar berharap silaturrahmi qurra' Riau, sholawat dan barzanji terus dimarakkan di Bumi Lancang Kuning.

"Kami berharap agar syiar ini tetap ada di bumi Melayu ini. Berkaitan dengan sunnah dan bacaan ayat suci Al-Quran," ucap Syamsuar. 

Provinsi Riau, jelas Syamsuar, merupakan negeri Melayu yang identik dengan Islam. Oleh karena itu, dia berharap agar kegiatan Qurra' Riau ini dapat dijadikan ajang silaturrahmi para qori dan qoriah sekaligus mensyiarkan barzanji. 

"Semakin banyak qori dan qoriah, semakin banyak ustaz yang mensyiarkan ini. Mudah-mudahan negeri ini diberkahi Allah SWT," doa Syamsuar.

Acara ini juga diisi dengan tausiah dan motivasi agama oleh Ustaz Dr. H. Zul Ikrom, Lc. MA,. Ia mengatakan bahwa ada 3 poin penting dalam tradisi barzanji. Pertama adalah berisi pujian kepada Rasulullah, kedua dikarang oleh ulama Sayyid Jafar Bin Hasan Al-Barzanji, ketiga sesungguhnya itu membaca sholawat agar Allah kabulkan segala hajat kita. "Dengan berzanji mudah-mudahan Allah angkat malapetaka dari negeri kita," harapnya. 

Kegiatan tersebut diakhiri dengan barzanji yang dipimpin oleh H Yazid Umar Nasution serta doa dari Ustaz Fajeriansyah. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, Asisten III Setdaprov Riau, Joni Irwan, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin, Wakil Walikota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, Direktur Bank Riau Kepri, Kredit dan Syariah Tengkoe Irawan serta Direktur Dana dan Jasa M.A. Suharto, Ketum MKA LAM Riau, Marjohan Yusuf, Ketua Baznas Provinsi Riau, Dewan Pembina Qurra' Riau, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Ustadz, Qori dan Qoriah Provinsi Riau serta undangan dan masyarakat yang hadir.