Ekonomi

Ikuti Jejak Sawit, Harga Kopra hingga Pinang di Riau juga Naik

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sama dengan kelapa sawit yang pekan ini mengalami kenaikan, sejumlah komoditi perkebunan lainnya di Riau juga mengalami kenaikan. Sebut saja kelapa butiran, kopra dan juga pinang kering.

"Selain kelapa sawit, Provinsi Riau juga memiliki sejumlah komoditi perkebunan andalan lainnya. Sebut saja seperti kelapa butiran, tepung sagu, pinang serta kopra dan juga bahan olahah karet rakyat. Dan untuk Minggu ini rata-rata mengalami kenaikan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja, Kamis (13/1/2021).

Ia mengatakan untuk harga kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini sebesar Rp3.900,-/kg. Naik Rp333,-/Kg dibandingkan dengan minggu lalu.

"Untuk harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp6.500,-/kg. Naik Rp 450,-/kg dibandingkan dengan minggu lalu," Cakapnya.

Selanjutnya adalah pinang kering (100%) di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti juga mengalami kenaikan.

"Minggu ini harganya Rp. 15.780-/kg. Mengalami kenaikan Rp1.163,-/kg dibandingkan dengan harga minggu lalu," sebutnya.

Sementara itu, lanjut Defris, untuk harga Tepung Sagu Basah tidak bergerak sejak minggu lalu.

"Tepung sagu basah di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga. Masih sama dengan harga minggu lalu. Harganya masih di angka Rp.3.067,-/kg," pungkasnya.