Nasional

Bikin Bingung Warga, Warna Seragam Satpam Kembali Diubah

Foto: Situs Humas Polri

RIAULINK.COM - Warna seragam satpam bakal diubah Polri dari cokelat muda menjadi krem. Polri mengungkapkan alasan warna seragam petugas satpam diganti.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan membeberkan warna seragam satpam yang saat ini terlalu mirip dengan seragam polisi. Diketahui, seragam polisi berwarna cokelat.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri," ujar Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (12/1/2022).

Ramadhan mengatakan warna seragam satpam yang mirip dengan polisi kerap membuat masyarakat kebingungan. Menurutnya, warga saat ini kesulitan membedakan polisi dan satpam.

"Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," tuturnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menjelaskan satpam merupakan pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, kata dia, satpam harus memiliki identitas sendiri yang berbeda dari Polri.

"Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya," imbuh Ramadhan.

Sebelumnya, Polri sedang mengkaji perubahan warna seragam satpam. Seragam satpam yang saat ini berwarna cokelat muda akan berubah menjadi warna krem.

"Masih dalam proses pengkajian, warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (12/1/2022).