Riau

Angin Utara, Masyarakat Pesisir Riau Diminta Waspada Banjir Rob

Banjir Rob Tembilahan Inhil

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sejumlah wilayah pesisir di Provinsi Riau diminta waspada ancaman banjir rob. Saat ini, warga yang tinggal di wilayah pesisir sudah ada yang terkena dampak dari naiknya air pasang tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan, beberapa wilayah yang terdampak banjir rob diantaranya Kabupaten Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, Bengkalis dan Rokan Hilir dan Kota Dumai.

‎"Saat ini ancaman banjir rob sangat tinggi, karena naiknya air pasang. Ada empat daerah yang terdampak banjir rob di Riau, seperti di Inhil, Meranti, Bengkalis, Rohil dan Dumai," kata Edy Afrizal kepada Kamis (6/1/2022).

Karena itu, Edy Afrizal mengingatkan warga yang tinggal di pesisir agar meningkatkan kewaspadaan ancaman ‎banjir rob. Sebab saat ini gelombang cukup tinggi, sehingga bisa membahayakan masyarakat. Terutama nelayan dengan perahu kecil.

"‎Sekarang lagi musim angin Utara yang gelombangnya cukup besar. Untuk itu masyarakat harus waspada ancaman gelombang besar," imbuhnya.

‎Edy Afrizal menyampaikan, masyarakat yang beraktivitas di wilayah perairan di Riau sebaiknya terus memantau kondisi cuaca, dan jika tidak memungkinkan diminta untuk tidak melaut terlebih dahulu.

"Untuk masyarakat yang beraktivitas di perairan diminta untuk selalu memantau kondisi cuaca karena selalu berubah, supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan," pungkasnya.