Metropolis

Turap Jembatan dan Badan Jalan Amblas di Inhu, BWS dan PUPR Riau Diminta Perbaiki

KUANSING, RIAULINK.COM - Jembatan Singkaian Deras di desa Teluk Sungkai kecamatan Kuala Cenaku kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) terancam. Turap penahan tebing yang ada disekitar jembatan tersebut sebagian amblas dan jatuh ke sungai Indragiri.

Jika kondisi ini tidak diantisipasi, kondisi turap yang amblas akan semakin besar yang mengarah kebadan jalan dan mengancam jalur transportasi Rengat -Inhil.

" Akibat turap amblas, sekarang menunggu aspal jatuh ke sungai Indragiri. Panjang amblas lebih kurang 300 meter"ujar anggota DPRD Riau, Dr Mardianto Manan, MT, I.AP, Rabu (29/12/21).

Dari informasi dilapangan katanya, perlu ada koordinasi lintas sektoral guna menangani masalah ini. Karena dalam pandangannya akibat kurang koordinasi penanganan menjadi lamban.

Sebab katanya, antara dinas PUPR Riau dan Balai Wilayah Sungai ( BWS) Riau masih berkilah bukan kewenangan masing-masing.

" Ada dua pendapat yang menyebabkan lambat ditanggulangi. Pertama orang provinsi Riau dalam hal ini PUPR Bina Marga berpendapat itu wilayah sungai maka kewajiban memperbaikinya adalah Balai Wilayah Sungai atau BWS, sementara pendapat kedua BWS mengira itu adalah badan jalan sehingga wewenang PUPR Riau yang membangun,"ujarnya.

Menurut Mardianto, siapapun yang berwenang yang jelas mereka harus mendudukkan dengan arif dan bijak.

" Jangan pula menunggu korban baru diperbaiki. Ini akan memalukan Kita orang Riau, dana banyak tapi ribut wewenang siapa dan berbuat apa. Maka dari itu pihak pemerintah atau Gubernur harus bersikap dengan arif dan bijaksana, intinya bagaimana jalan tersebut sesegera mungkin dibangun,"ujarnya.

Anggota komisi IV DPRD Riau bidang infrastruktur dan pembangunan DPRD Provinsi Riau berusaha menghubungi UPT Pemeliharaan Jalan Inhil Dinas PUPR Riau, namun waktu itu tidak diangkat.

" Beberapa waktu kemudian di WA saja bahwa kasus tersebut sudah dibahas di Bina Marga,"ujarnya.

Tidak hanya itu kata dosen PWK UIR itu, dirinya juga telah menghubungi Sekda dan Kadis PUPR Inhu namun juga belum mendapat jawaban kapan akan diperbaiki.

" Melihat antusias dan dukungan Camat Kuala Cenaku dan Kades Teluk Sungkai, Saya akan berusaha maksimal agar dapat segera diperbaiki dengan mendesak PUPR Riau dan BWS Riau,"ujar mantan Ketua STT-US cikal bakal Uniks ini. (KTC)