Riau

2 Ekor Buaya dan 5 Ular Piton Diserahkan ke BBKSDA Riau

INHIL, RIAULINK.COM - Bertempat di halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir Jl. SKB Tembilahan, Bupati Inhil H. M. Wardan menyaksikan penyerahan satwa liar hasil Evakuasi (tangkapan) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir kepada Resort Kerumutan Selatan Balai Besar dan Konserfasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Propinsi Riau Cabang Rengat, Selasa (28/12/2021) pagi.

Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Inhil, masyarakat lebih mengenal Damkar Inhil yang bertugas memadamkan api, untuk tahun 2021 kepala dinas pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Drs,H.Eddiwan Shasby,MM lebih memfokuskan penyelamatan, karena menurutnya kebakaran sangat jarang terjad.

" lebih hal seperti kejadian di  Jalan Kayu Jati Buaya menerkam Dhea Harsita seorang pelajar, Alhamdulillah akhirnya buaya tersebut dapat di tangkap oleh dinas pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil," katanya.
 
Dalam hitungan bulan satwa liar yang di tangkap dinas pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil untuk sementara diamankan di kantor Damkar Inhil, setelah itu di serahkan kepada BBKSDA Riau Cabang Rengat Untuk lepas liarkan di hutan lindung.

Pagi Selasa 28 Desember 2021 Bupati Inhil HM Wardan berkesempatan hadir untuk menyaksikan pelepasan Satwa liar (Buaya Ular) ke BBKSDA Riau Cabang Rengat. 

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kinerja Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Bukan hanya memadamkan api tapi menyelamatkan masyarakat, menyelamatkan dengan arti yang luas mengevakuasi satwa liar (Buaya,ular, monyet tawon,lembu yang lepas) bahkan dapat melepaskan cincin di jari masyarakat yang tidak bisa terlepas, terima kasih kepada seluruh anggota Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil, Tetap semangat," kata bupati.

Karena sudah banyak masyarakat yang mengetahui seperti ini jika  masyarakat ada keluhan masyarakat pasti menghubungi Damkar Inhil, jaga kekompakan, semangat kerja, mudah - mudahan ini menjadi amal ibadah untuk kita semua," pesan bupati.

Adapun satwa liar yang diserahkan untuk dilepasliarkan  merupakan hewan yang di lindungi dengan rincian 2 ekor buaya dengan ukuran panjang 2 meter dan 1,5 meter serta 5 ekor ular pyton dengan ukuran panjang mulai dari 4 meter sampai dengan 6 meter dan 7 meter.

khusus di bulan Desember ini Damkar Inhil sudah menangani dan menangkap ular 9 ekor ( Ada yang berukuran besar dan kecil) kemudian buaya 5 ekor ( 2 ekor ukuran besar, 3 ekor ukuran kecil) mungkin evakuasi ini di sebabkan oleh iklim, pasang dalam sehingga banyak satwa liar berkeliaran di permukiman masyarakat.

" Saya berharap jika masyarakat menemukan Satwa liar ini segera menghubungi DPKP Inhil pelayanan Kebakaran Dan Non Kebakaran Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Gratis!! 0768 244 88,"Ungkap kadis Damkar Inhil Drs,H.Eddiwan Shasby.MM.