Olahraga

Posisi Shin Tae Yong Dijamin Aman Apapun Hasil di Piala AFF 2020

RIAULINK.COM - Shin Tae-yong akan memimpin Indonesia melawan Thailand di final Piala AFF 2020. Kabar baiknya, hasil akhir tidak akan mempengaruhi posisinya sebagai pelatih skuad Garuda.

Itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali.

Dia menegaskan juru taktik asal Korea Selatan itu tidak akan dipecat walau tim Merah Putih gagal juara.

Hal ini diutarakan Amali untuk meredakan kegelisahan publik Tanah Air. Mereka khawatir Shin Tae-yong bakal didepak seperti pelatih terdahulu jika tidak bisa memenuhi ekspektasi.

Maklum, PSSI sering kali membuat keputusan gegabah ketika Indonesia gagal mendapat hasil maksimal suatu turnamen. Biasanya pelatih akan segera dipecat tanpa pandang bulu.

Kabar baiknya, hal itu tidak akan terjadi kepada Shin Tae-yong sekalipun Evan Dimas dkk dijegal Thailand di final Piala AFF 2020. Sebab, dia memang direkrut untuk rencana yang lebih jauh.

Amali mengatakan Shin Tae-yong sebenarnya ditunjuk sebagai pelatih untuk mempersiapkan pasukan Garuda Muda yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021.

Namun, ditundanya turnamen itu menjadi tahun 2023 karena pandemi Covid-19, membuatnya harus menangani tim senior terlebih dahulu yang berkompetisi di Piala AFF 2020. Karena itu, posisi pelatih berusia 51 tahun itu akan tetap aman walaupun gagal mempersembahkan trofi pertama Piala AFF untuk Indonesia. Ditambah lagi, Menpora sendiri yang menjamin hal tersebut.

“Shin Tae Yong ini awalnya direkrut sebagai pelatih Tim Nasional untuk persiapan FIFA World Cup U-20. Tadinya kan 2021 kemudian karena ada pandemi ditunda ke 2023 dan kita sebagai tuan rumah," jelasnya.

"Jadi dia akan tetap menjadi pelatih untuk Tim Nasional U-20 yang akan bertanding di FIFA World Cup U-20. Jadi posisinya aman, saya menjamin itu,” kata Amali kepada awak media.

Final Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Thailand akan digelar dalam dua leg. Laga pertama akan dihelat pada Rabu (29/12/2021) di National Stadium. Berikutnya pada 1 Januari 2022, ditempat yang sama.***