Parlemen

DPRD Minta Kadisdik Baru Harus Paham Permasalahan Pendidikan di Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat memberikan beberapa catatan untuk pengisian posisi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ke depan, setelah Kadisdik sebelumnya, Zul Ikram demosi ke Eselon III.

Menurut Ade Hartati, jabatan Kadisdik diperlukan orang yang menguasai permasalahan pendidikan di Riau, serta memahami peta kondisi pendidikan di Riau. Kadisdik juga harus mampu menyusun strategi dalam menghadapi permasalahan pendidikan.

"Yang pertama adalah Kadisdik harus mampu menghadapi tidak seimbangnya rasio pertumbuhan sekolah dibanding rasio pertumbuhan siswa. Ini berkaitan erat dengan akses pendidikan dan angka lama sekolah," kata Ade Hartati.

Selanjutnya, politisi PAN itu meminta, Kadisdik harus mampu dalam hal pemerataan mutu pendidikan di Bumi Lancang Kuning.

"Selain itu, Kadisdis juga harus mampu menyikapi kebutuhan akan tenaga pendidikan serta memperhatikan kesejahteraan guru. Hal ini harus jadi catatan," tukasnya.

Untuk diketahui, Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) telah mengeluarkan izin bagi Pemerintah Provinsi Riau untuk melaksanakan uji kompetensi bagi calon Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik). Uji kompetensi tersebut dilakukan karena saat ini jabatan Kadisdik masih kosong.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Riau Ikhwan Ridwan mengatakan, satu-satunya calon kadisdik yang akan mengikuti uji kompetensi tersebut yakni Kamsol, yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Ia disiapkan sebagai Kadisdik Riau menggantikan Zul Ikram, yang didemosi ke eselon III setelah hasil evaluasi.

Kamsol sendiri sebelumnya merupakan mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau.