Ekonomi

BI Buka Penukaran Uang Rusak Lewat HP Mulai Hari Ini

Ilustrasi. (safir makki).

RIAULINK.COM - Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang rusak atau cacat melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) mulai hari ini, Kamis (9/12). Layanan tersebut bisa diakses lewat telepon genggam (HP) dengan membuka situs https://pintar.bi.go.id.

"Melalui aplikasi PINTAR, masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran uang rupiah rusak/cacat dengan memilih lokasi kantor BI tempat menukarkan uang, waktu penukaran, dan jumlah nominal uang yang akan ditukar," kata Kepala Departemen Komunikasi Direktur Eksekutif BI Erwin Haryonodalam keterangan resmi, Rabu (8/12).

Penukaran uang rupiah rusak/cacat di BI dapat dilakukan pada pukul 08.00 - 11.30 waktu setempat.

"Masyarakat melakukan penukaran uang rupiah rusak/cacat di kantor BI sesuai dengan tanggal, waktu, dan lokasi yang telah dipesan, dengan membawa bukti pemesanan melalui aplikasi PINTAR," ujarnya.

Erwin mengungkapkan layanan ini merupakan salah satu upaya bank sentral dalam meningkatkan layanan kas kepada masyarakat. Dengan mengurangi antrean pemesanan pada layanan penukaran uang, bank sentral dapat memperkuat layanan publik di era kenormalan baru.

Ia berharap digitalisasi membuat layanan penukaran uang bagi masyarakat semakin pasti, akurat, aman, nyaman, dan mudah.