Budaya

Buka Festival Budaya Bahari, Wabup Bengkalis Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Pariwisata

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso mengharapkan Festival Budaya Bahari Nusantara salah satu potensi dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Bengkalis dapat berkembang dengan cepat.

Hal tersebut disampaikan Wabup Bagus Santoso kala membacakan sambutan tertulis Bupati Kasmarni pada pembukaan Festival Budaya Bahari Nusantara, Senin, 6 Desember 2021 di Pantai Indah Selatbaru Kecamatan Bantan.

Bagus mengatakan pengembangan pariwisata tanpa kehadiran budaya dan tradisi akan kehilangan daya tarik.

"Begitu juga sebaliknya, budaya dan tradisi akan mengalami kendala pelestarian dan regenerasi pelaku bila tidak menjadi bagian dari atraksi wisata," kata Bagus.

Selanjutnya Bagus menambahkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis di Kepemimpinan Bupati Kasmarni dan Bagus Santoso akan memberikan arah pembangunan pariwisata dengan tetap menjadikan kesenian dan kebudayaan tradisional sebagai upaya pengembangan pariwisata Nasional dan Daerah.

"Adapun Misi dari Pemkab Bengkalis 2021-2026 akan tetap mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya alam yang efektif dalam memajukan perekonomian untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis," ujar Bagus.

Pada kesempatan itu Bagus mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Bantan untuk menyajikan dengan apik budaya dan tradisi lokal sehingga akan banyak peminat wisata yang akan berkunjung ke Pantai Selatbaru.

Bagus juga mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Bengkalis agar dapat mengembangkan potensi pariwisata dengan serius.

"Jika hal ini bisa tercapai tentu sektor ekonomi kreatif akan bergerak cepat sehingga pariwisata di Selatbaru dapat menjadi sektor andalan di Kabupaten Bengkalis," papar Bagus.

Pada kesempatan itu juga turut ditampilkan berbagai kesenian seperti zapin meskom, barongsai, dan grub vokal dari Kecamatan Mandau.