Metropolis

Pandemi, Wisman Belum Ada Berkunjung ke Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Oktober 2021 tidak ada satupun Wisatawan Mancanegara (wisman) yang tercatat ke provinsi Riau, baik melalui jalur darat ataupun laut.

"Dari 4 pintu masuk Riau yaitu Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Bengkalis, dan Pelabuhan Laut Meranti, tak ada satupun Wisman masuk ke Riau," ujar Kepala BPS Riau, Misfaruddin, Senin (6/12/2021).

Ia mengatakan, Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia, khususnya ke Riau.

Dalam 3 bulan terakhir ini, tidak ada kunjungan wisman yang tercatat datang ke provinsi Riau baik melalui pintu udara maupun pintu laut.

"Pada bulan Juli dan Agustus, provinsi Riau menjadi salah satu wilayah di luar Pulau Jawa yang harus menerapkan Pemberlakuan Pembatasaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 karena tingginya kasus Covid 19. Kemudian turun menjadi level 3 pada bulan September 2021 dan level 2 pada bulan Oktober 2021," cakapnya.

Lanjut Misfaruddin, untuk pola kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi Riau sebelum pandemi Covid-19 cukup berfluktuasi.

Namun saat pandemi Covid 19 mulai terjadi yaitu pada April 2020 hampir tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II.

"Demikian juga pada tahun 2021 sampai bulan Oktober, sektor pariwisata masih terkena dampak pandemi Covid-19. Tidak ada wisman yang tercatat datang ke Provinsi Riau melalui Bandara SSK II dalam waktu 3 bulan terakhir," pungkasnya.