Metropolis

Lepas kontingen Perkemahan Wirakarya Nasional, Gubri: Harumkan Nama Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan beberapa pesan kepada para kontingen Riau yang mewakili Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Riau untuk mengikuti perkemahan di Provinsi Jambi pada tanggal 3-10 Desember mendatang.

Gubri mengatakan, sebagaimana dimaklumi, setiap adanya perkemahan yang pertama yang perlu diperhatikan adalah memelihara kekompakan, memelihara nama baik Riau dan nama baik Kwarda Riau.

Sekaligus juga jika ada kegiatan yang diikuti yang diselenggarakan oleh panitia PWN 2021, baik kegiatan bakti sosial, kegiatan berkaitan dengan kesenian, kegiatan perlombaan, diharapkan perwakilan Provinsi Riau bisa ikut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

"Diharapkan Kwarda Riau bisa ambil bagian di dalam kegiatan yang disiapkan oleh Kwarda Jambi. Saya yakin dan percaya kalian semua ini terpilih oleh masing-masing Kwarcab nya tentunya sudah punya bekal dengan itu," ucapnya, di Halaman Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Kamis (2/12/21).

Gubri menuturkan, tentunya sudah banyak bekal yang dipersiapkan dalam mengikuti PWN ini. Mulai dari bekal dengan sesuai keterampilan dan keahlian, baik di bidang pramuka maupun di bidang lainnya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan anak-anak Riau tersebut dapat menunjukkan jati diri anak Riau dan dapat membanggakan serta mengharumkan nama Riau di tingkat nasional ini. 

"Tadi diberikan tanjak diberikan selempang, itu adalah bagian dari Melayu yang ada di sini (Riau). InsyaAllah kalian ketemu di Jambi itu juga budaya Melayu," kata Gubri.

Orang nomor satu di Riau ini menjelaskan, Jambi dengan Riau adalah tetangga antar provinsi yang berbatasan langsung, Khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil).

"Karena itu jaga budaya kita, jaga identitas daerah Riau. Jaga nama baik orang tua kalian," harapnya.

Syamsuar mengungkapkan, kegiatan PWN ini adalah satu diantara cara untuk menambah wawasan, pengalaman, kecerdasan. Sehingga harus dimanfaatkan oleh para peserta dengan sebaik-baiknya.

"Mudah-mudahan kalian bisa mengikuti rangkaian acaranya yang hampir seminggu. Karena itu tentunya kalian harus punya kesehatan tangguh, harus punya energi besar agar kalian kuat sehingga dapat mengikuti kegiatan di bumi perkemahan Jambi," sebutnya.

Di samping itu, Gubri juga mengingatkan wakil Riau dalam PWN ini untuk tetap menjaga kesehatan dan menjaga protokol kesehatan (prokes) COVID-19 dengan ketat, menjaga jarak, memakai masker dan lainnya. Karena saat ini masih dalam suasana pandemi COVID-19.

"Harapan saya mudahan kalian sehat selalu dan tentunya harapan kami Prokes jangan kendor. Yang penting jaga kesehatan, jaga kekompakan kalian," tutupnya.