Sosial

Bupati Siak Bantu Pengobatan Bocah Penderita Kelainan Hati ke Jakarta

SIAK, RIAULINK.COM - Bupati Siak Alfedri dan istrinya Rasidah menjenguk Muhammad Ammar Fathan (10 bulan), Warga Dusun Merambai, Kampung Teluk Masjid, Kecamatan Siak yang didiagnosa dokter menderita kelainan fungsi hati atau Atresia Bilier. 

Akibat sakit yang dideritanya, Ammar harus dirujuk ke Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta, untuk mendapat perawatan yang maksimal. Bupati Siak Alfedri yang mendapat kabar itu langsung menemui orang tua Ammar yang selama masa pangobatan tinggal di Mess Pemda Riau di Jakarta.

"Alhamdulillah, hari ini saya bersama istri, Asisten dan Kadis Kesehatan mengunjungi orang tua dari anak kita Muhammad Ammar Fathan, yang menderita penyakit kelainan fungsi hati. Anak kita Ammar, lebih kurang 3 bulan ini harus menjalani perawatan di RSCM Jakarta," ujar Alfedri bersama Istri Hj Rasidah, di Mess Pemda Riau, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Ia juga menyampaikan saat ini orang tua Muhammad Ammar Fathan sedang menunggu jadwal pengecekan fungsi jaringan hati, sebagai sampel dan ini harus dilakukan tindakan operasi transplantasi hati.

"Tindakan operasi pertama diusahakan dari keluarga, mungkin dari ayahnya atau dari ibunya. Itu mau dilihat ambil sampel jaringan hati tadi. Yang mana yang cocok antara kedua orang tuanya. Ini yang harus ditunggu jadwalnya," kata dia. 

Ia menjelaskan, soal besaran biaya operasi kata Alfedri, Pemkab Siak mengupayakan bantuan melalui Jamkesda, karena pihaknya saat ini sudah bekerjasama dengan RSCM.

"Untuk anak ini bisa dioperasi, orang tuanya Guru di Sungai Apit tentu ada BPJS, akan ditanggani BPJS, tapi untuk mencangkok hatinya itu perlu swadaya. Kami tadi juga menyampaikan donasi dari kawan-kawan di Pemda Siak sebesar Rp65 juta, ditambah bantuan dari Basnaz yang keseluruhannya berjumlah Rp100 juta. Mudah-mudahan bisa membantu biaya untuk operasional saat ini, termasuk memenuhi gizi dan vitamin anak kita ini sehingga nanti siap untuk menjalani transplantasi," terangnya. 

Alfedri juga meminta doa seluruh masyarakat Siak, agar Ammar bisa segera sehat dn bermain seperti anak seusianya. 

Kaspen Nahar (39) didampingi istri orang tua Muhammad Ammar Fathan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Siak dan jajaran yang turut membantu meringankan bebannya.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pak Bupati dan ibu yang memberikan bantuan kepada kami, bantuan ini lebih dari cukup. Dari informasi yang di sampaikan dokter masa perobatan anak kami minimal disini satu tahun bahkan bisa lebih," terangnya.